Patut Dikembangkan, Budidaya Larva Lalat (Magot) Mampu Kurangi Sampah Organik 3 Ton,Bulan

Tabalong – Disamping keuntungan materi, membuidayakan magot juga memiliki keuntungan dalam hal mengurangi jumlah sampah organik. Pasalnya makanan utama para magot ini merupakan sampah organik. Baik sisa makanan, maupun sisa buah dan sayur yang membusuk.

Pembudidaya magot, kelompok upaya, membutuhkan sampah organik setidaknya sekitar setarus kilogram per hari, sebagai makanan para magot ini. Dalam sebulan setidaknya 3 ton sampah organik habis, menjadi konsumsi magot yang mereka budidayakan. Setiap hari, anggota kelompok terjun kepasar, rumah makan dan berbagai sektor lainnya untuk mengambil sampah organik.

Dalam pengembangan usahanya, kelompok upaya berharap dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan, tabalong zero organic waste, atau tabalong bebas sampah organik. Dengan adanya pengembangan usaha budidaya magot, mereka berharap dapat mengolah organik sebanyak empat ton perhari, dan didukung infrastruktur yang memadai.

Selain mengurangi sampah organik, kotoran yang dihasilkan magot juga dapat dijadikan sebagai pupuk organik, yang bisa langsung digunakan untuk tanaman.

“Selain menyediakan pakan yang murah kita secara tidak langsung peduli dengan lingkungan hidup, karna memberantas sampah organik yang ada disekitar, nah setelah sampai terurai, jadinya seperti ini. Ini adalah sampah yang sudah terurai benar benar bagus pupuknya, dan benar benar matang. Dingin tidak panas, tidak merusak tanaman, mau ditaruh di pot tanaman hias sudah bisaHendra Serda Alinda Putra, Ketua Kelompok Upaya

Pembina Kelompok Upaya, Awiek Hadi Widodo berharap, dari ukm budiaya magot ini dapat berkembang lagi menjadi usaha lain, yang berasal dari magot. (Gazali)

Next Post

GTPP Covid-19 Tabalong Kembali Kirim 92 Sampel Swab Test

Sen Jun 22 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Sejak 18 Juni 2020, terjadi penambahan 2 kasus baru positif covid-19 di Kabupaten Tabalong. Penambahan 2 pasien positif tersebut merupakan hasil tracking yang dilakukan tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 tabalong, di rsud haji badaruddin […]
error: