Pastikan Akurat, Seluruh Timbangan Pedagang di Pasar Kapar Ditera Ulang

TVTABALONG – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tabalong menggelar sidang tera dan tera ulang, pada 2 Juni 2021, di Pasar Kapar Kecamatan Murung Pudak. Sidang ini dilakukan terhadap UTTP atau alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya, dari para pedagang di sekitar pasar kapar.

Sidang yang dilakukan ini merupakan yang pertama kali dilakukan pasca dua tahun vakum akibat pandemi covid-19. Total UTTP yang didata di Pasar Kapar pada sidang kali ini berjumlah 111 unit. Namun antusias para pedagangan yang ingin mengikuti sidang ini melebihi target pendataan, yakni sebanyak 120 unit, atau 108,11% dari taget awal pendataan.

Pelaksana Tugas Kepala Bidang Metrologi dan Pengawasan Perdagangan, Novieana Eredha mengatakan, pihaknya kembali akan menjadwalkan sidang tera ini dibeberapa pasar. Seperti seperti pasar tanjung dan pasar kelua.

“Untuk dipasar lain akan dijadwalkan lagi, ada 3 pasar yang direncanakan 00.47-00.54 direncanakan akan dilaksanakan di Pasar Kelua dan Pasar Tanjung”  Kata Novieana Eredha, Plt Kabid Metrologi & Pengawasan Perdagangan Disperindag Tabalong..

Kepala seksi pelayanan tera dan tera ulang, jufri rahman, mengatakan, pedangan di pasar kapar sudah memiliki kesadaran sendiri untuk melakukan tera & tera ulang. Pihaknya pun mengaku sudah memiliki alat yang lengkap sehingga dapat memaksimalkan pelayanan yang ada.

“Pedagang memang sudah punya kesadaran dan kita pun punya lengkap alatnya, kita juga punya reparapir untuk memperbaiki timbangan yang mungkin ada yang rusak ataupun ada yang bisa masih di perbaiki, kami ada 4 reparapir yang bisa untuk lebih mempercepat waktu untuk melayani tera dan tera ulang alat UTTP milik pedangang tersebut” Kata Jufri Rahman, Kasi Pelayanan Tera & Tera Ulang Disperindag Tabalong.

Tera ulang di pasar kapar ini dilakukan pada tahun 2018 dengan jumlah 183 UTTP. Dan tahun 2021 kembali dilakukan apda 120 uttp. Tera ulang diharapkan dapat menjadikan Tabalong sebagai kabupaten tertib ukur, sehingga baik pedagang maupun pembeli terlindungi. (Muhammad Ariadi).

Next Post

IKASBA Kalsel Sharing Upaya Tingkatkan Kerukunan Antar Suku & Umat Beragama

Rab Jun 9 , 2021
TVTABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong menerima kunjungan ikatan kekeluargaan antar suku bangsa (IKASBA) kalimantan selatan, pada 3 Juni 2021, di aula tanjung puri Setda Tabalong Tanjung. Kedatangan IKASBA Kalsel ke Bumi Sarabakawa ini, untuk sosialisasi dan sharing dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Tingkat Kabupaten […]