Pasien Covid-19 Meningkat, RSUD HBK Tingkatkan Kapasitas Tempat Tidur Pasien

TABALONG – Lonjakan pasien covid-19 yang terjadi di Tabalong dalam beberapa hari terakhir, membuat jumlah pasien yang dirawat RSUD Badaruddin Kasim meningkat. Pasien positif covid-19 yang dirawat disini merupakan pasien dengan gejala sedang hingga berat.

Untuk mengantisipasi lonjakan yang lebih banyak, pihak RSUD HBK melakukan penambahan tempat tidur sebanyak 30 persen. Jumlah ini sesuai dengan surat edaran menteri kesehatan, agar menyediakan 30% bed untuk pasien covid dari total bed keseluruhan di rumah sakit.

RSUD Badaruddin kasim sendiri memiliki kapasitas 160 tempat tidur. Sehingga penambahan akan dilakukan sebanyak 48 bed untuk penanganan covid-19. Saat ini, pihak RSUD HBK sendiri telah memiliki 30 bed tambahan, dan akan terus dilakukan penambahan secara bertahap. Direktur RSUD Badaruddin Kasim, Mastur Kurniawan mengatakan, penambahan bed ini tetap memperhitungkan situasi dan kondisi di rumah sakit, agar nantinya pasien yang bukan terpapar covid tidak terabaikan oleh pihak rumah sakit.

“Kita sebelum memindahkan juga kita berhitung hitung, jangan sampai pasien yang non covid kita abaikan, sehingga kita lihat untuk rawat inap penyakit dalam kemampuan kita ada 39, dari 39 kita sisakan berapa, terus untuk rawat anak sekitar ada 25 an, kita nanti sisakan, supaya untuk menampung kalau teman teman yang memang dia berobat, jangan sampai dia ketakutan sehingga jadi beban di rumah” Kata dr. Mastur Kurniawan, Direktur RSUD H. Badaruddin kasim.

Dokter Mastur juga menambahkan skenario yang mereka siapkan jika terus terjadi penambahan kasus, terutama jika ruang isolasi sudah over kapasitas, yaitu dengan cara meminjam valbed yang ada di BPBD Tabalong dan mendirikan tenda. (Muhammad Ariadi).

Next Post

36 Anggota Forkomda PMP3A Tabalong Dikukuhkan

Sel Agu 3 , 2021
TABALONG – Untuk mencegah kekeran pada perempuan dan anak, dinas pemberdayaan perempuan perlindungan anak pengendalian penduduk dan KB Tabalong, membentuk forum komunikasi daerah. Pembentukan forkomda ditandai dengan pelantikan 36 orang anggota periode 2020-2024 oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani pada 28 Juli 2021 di Tanjung. Anggota forkomda terdiri dari seluruh lapisan […]