Pasca Tahun Baru 2022, Bahan Pangan di Pasar Tanjung Alami Kenaikan

Tabalong – Pasca tahun baru 2022, tepatnya pada 13 Januari 2022, sejumlah harga bahan pokok di Pasar Tanjung terpantau mengalami kenaikan. Kenaikan terjadi pada bawang merah yang awalnya 25 per kg menjadi 28 ribu, bawang putih yang awalnya 25 ribu menjadi 27 hingga 28 ribu per kilogramnya. Selain itu minyak goreng yang awalnya 18 ribu per liter menjadi 21 ribu, dan gula pasir yang awalnya 13 ribu menjadi 15 ribu rupiah.

Hal ini pun diakui para pedagang membuat pendapatannya menurun, pasalnya ketika masyarakat mengetahui beberapa bahan sembako naik, mereka memilih untuk mengurangi pembelian dari biasanya.

“Mengurangi pang,biasanya belanjanya setengah, seperempat. yaitu biar putaran bulanannya ya itu nah cukup” Kata Idah, Pedagang Sembako.

Sementara itu, daging ayam ras juga mengalami kenaikan dalam seminggu terakhir. Pedagang ayam ras jani menjelaskan, rata-rata daging ayam mengalami kenaikan sekitar 2 hingga 3 ribu rupiah perekornya.

“Kalau ukuran sari laut harganya 38 kalau yang ganal harganya Rp40.000 yang tahulus sedikit ada harganya 35. ada harga 35 38 lawan 40 ribu. sebelumnya pang paman berapa? sebelumnya yang harga 38 itu 35 yang harga 40 tuh biasa aja 40 tapi ayamnya terdahulu taganal,  yang ini bahalus  saikit,  harganya belarang ayamnya yang 40 itu” Kata Jani, Pedagang Ayam.” Kata Jani, Pedagang Ayam.

Selain kenaikan, ada pula bahan pokok yang mengalami penurunan harga. Seperti telur ayam yang awalnya 30 ribu menjadi 27 ribu, dan cabe tiung yang awalnya 80 ribu menjadi 60ribu per kilogramnya.  Para pedagang pun berharap agar pemerintah terkait dapat memantau harga di pasar, sehingga harga dapat kembali normal seperti sebelumnya. (Maria Ulfah).

Next Post

Pemkab Tabalong Bersiap Ikuti Inovasi Digital Award

Sen Jan 17 , 2022
Tabalong – Pemkab Tabalong mempertemukan jajaran kepala satuan kerja perangkat dinas bersama dengan MNC group di gedung mal pelayanan publik mabuun, pada Jumat 14 Januari 2022. Melalui pertemuan ini disampaikan bahwa MNC Group akan menggelar lomba inovasi digital award, tepatnya pada bulan maret mendatang. Asisten perekonomian dan pembangunan setda Tabalong, […]