Pasca Hari Raya Idul Fitri, Peziarah Datangi TPU Tanjung

TVTABALONG – Berziarah ke makam keluarga saat lebaran, sudah menjadi bagian tradisi umat muslim di Indonesia, termasuk di kabupaten tabalong. Seperti yang terlihat di kuburan muslimin Tanjung ini, pada jumat 14 mei 2021, sejumlah warga berziarah untuk menghadiahi para keluarga terkasih yang lebih dulu meninggalkan mereka, dengan lantunan ayat suci al-qur’an dan doa-doa.

Salah seorang peziarah asal pembataan, Ajrulian Syahnur menceritakan, kuburan muslimin disini sebelumnya dipenuhi para peziarah pada hari lebaran pertama, sehingga ia pun bersama kakaknya berziarah di hari lebaran kedua ini, karena cenderung lebih sepi dan bertepatan hari jumat.

 “Membawa kakak tadi tuh untuk ziarah ke makam orang tua yang tadinya dari kemarin kan sudah penuh nih, dipenuhin untuk ziarah di kuburan muslimin, jadi hari ini untuk lebaran kedua dan kebetulan pas hari jum’at kita adakan ziarah yang kedua.”  Kata Ajrulian Syahnur, Peziarah Asal Pembataan.

 “Makam ibu dan bapak, nini dan kai, acil-acil sagala. (Berarti ibaratnya keluarga besar pian seberataan disini?) Iya semuaan disini.”  Ungkap Rusita, Peziarah Asal Mabu’un.

Rusita mengatakan, berziarah saat lebaran ini memang rutin ia lakukan setiap tahunnya, dan akan terus dilakukan selama ia masih diberikan kesehatan raga dan jasmani. (Alfi Syahrin).

Next Post

Petugas Damkar Tabalong Tetap Bertugas di Hari Lebaran

Sel Mei 18 , 2021
TVTABALONG – Bertugas sebagai pemadam kebakaran memiliki tanggung jawab besar. Meski instansi lain libur setiap hari besar, salah satunya lebaran. Namun petugas pemadam kebakaran harus selau siap sedia, mengorbankan hari libur mereka untuk tetap siaga bertugas, demi menjaga keamanan di tengah masyarakat. Pasalnya musibah kebakaran datang tidak mengenal waktu, sehingga […]