Pasar Agribisnis Akan Hadir di Tabalong, Pemkab: Petani Lokal Jadi Pemasok Utama

TABALONG – Untuk meningkatkan kesejahteran petani, Pemerintah Kabupaten Tabalong berinovasi salah satunya dengan rencana pembangunan pasar agribisnis. Melalui pasar agribisnis, Pemkab Tabalong mengutamakan agar para pedagang diisi oleh petani lokal.

Hal ini dibahas dalam ekspos rencana pengembangan kawasan hortikultura berbasis kemitraan, yang digelar Dinas Pertanian Tabalong bersama asisten bidang perekonomian dan pembangunan setda tabalong, pada 13 Juli 2021. Dalam kegiatan ini, Pemkab Tabalong yang diwakili asisten perekonomian meminta Dinas Pertanian mempersiapkan petani di Tabalong menjadi pemasok utama pasar agribisnis.

“yang pertama terkait dengan kemitraan nanti mungkin pak husin akan membuat pemetaan untuk yang pasar agribisnis kita tidak ingin terjadi seperti yang disana yang lawas tadi, kita ingin yang di wirang kembang kuning yah, kalau kita sudah punya maksudnya kalau sudah kita petakan berapa petaninya di sana ya sudah kita anukan aja disana supaya itu benar benar menjadi ikon kita, saya ingin nanti begitu selesai meresmikan, orang kita yang ada disana yang benar-benar pemasok utama  disana” Kata Yuhani- Asisten Bidang Perekonomian Dan Pembangunan Setda Tabalong.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian Tabalong, Syam’ani menjelaskan, pasar agribisnis ditargetkan selesai tahun ini. Sehingga dapat segera memberikan manfaat bagi petani di Tabalong.

 “dalam rangka mempersiapkan pertani kita untuk MEmproduksi hortikultura dalam rangka menjadikan tabalong penyangga ikn kemudian kita juga bertekad menjadikan petani hortikultura kita sebagai pelaku utama e dalam pasar agribisnis yang insha adalah akan selesai dibangun di kenbang kuning di tahun 2021 ini” Kata Syam’ani-  Plt Dinas Pertanian Tabalong.

Syamani berharap, melalui rencana ini, petani Tabalong dapat menjadi tuan rumah di tanah sendiri. Sehingga kesejahteraan mereka dapat meningkat. (M. Arie Arieyadi)

Next Post

Mampu Tekan Angka Kecelakaan pelajar, Inovasi Langsat Manis Dinilai Kemenpan RB

Sen Jul 19 , 2021
TABALONG – Bupati Tabalong bersama Dinas Perhubungan setempat, mempresentasikan program Langsat Manis atau layanan angkutan masyarakat Tabalong nyaman dan gratis, pada 14 Juli 2021 secara virtual. Program inovasi langsat manis dipresentasikan pada sejumlah tim panel independen, karena langsat Manis menjadi salah satu daru dua inovasi Tabalong yang masuk dalam top […]