Pantau Keberadaan Jamban Apung, Tim Tuntas Kelua Susuri Sungai

Tabalong – Tim Tuntas Kecamatan Kelua, menyusuri Sungai Tabalong khususnya di wilayah Kelua pada 13 Maret 2020. Tim Tuntas kecamatan kelua ini terdiri dari Puskesmas dan lintas sektor Kecamatan Kelua, yang melakukan penyusuran mulai dari Sungai Tabalong di Desa Sungai Buluh, sampai Telaga Itar.

Penyusuran sungai dilakukan untuk memastikan warga kecamatan Kelua, tidak lagi menggunakan jamban apung dalam aktivitas MCK. Hal ini ditujukan untuk memastikan kecamatan Kelua layak sebagai kecamatan Open Defication Free, ODF, atau bebas dari aktivitas buang air besar sembarangan. Kegiatan ini juga dilakukan agar kecamatan Kelua lolos verifikasi Kecamatan ODF untuk Kabupaten ODF tahun 2020.

Dari hasil penyusuran sungai masih ditemukan beberapa jamban apung. Namun kecamatan kelua dinyatakan layak ODF dengan beberapa catatan. Seperti melanjutkan pembangunan WC sehat bagi masyarakat yang telah dianggarkan di APBDES, mempertahankan perilaku masyarakat untuk tidak buang air besar sembarangan, serta  menumbuhkan rasa peduli masyarakat terhadap sanitasi sehat. (Dokter Ony)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Komisi II DPRD Raker Dengan DPMPTSP & DISKOP UKM

Jum Mar 20 , 2020
Tabalong – Komisi Dua DPRD Tabalong menggelar rapat kerja bersama DPMPTSP, dan Dinas Koperasi UKM, dalam membahas program kerja yang akan direalisasikan tahun 2020, di kantor DPRD Tabalong Ruang. Dalam rapat kali ini DPMPTSP memaparkan 6 program, dan Dinas Koperasi UKM 8 program. Selain paparan rencana kerja tahun 2020, juga […]