Panen Perdana Padi di Jaro, Mawardi Ajak Masyarakat Tingkatkan Produksi

TABALONG – Rombongan Pemerintah Kabupaten Tabalong yang dipimpin wakil bupat bersama para petani di desa kampung jawa, melakukan panen perdana masa tanam kedua padi jenis benih dasar varietas mekongga, pada 25 Agustus 2021. Panen padi ini merupakan panen yang dilakukan pada masa tanam ke dua di hamparan sawah seluas 2 hektar milik upt balai benih Kecamatan Jaro.

Varietas mekongga, merupakan jenis padi hasil persilangan dari padi galur dengan IR 64. Varietas padi baru ini dinilai tepat untuk dikembangkan dengan program tanam ip 200 atau program dua kali tanam dalam setahun, yang saat ini digalakan dinas pertanian tabalong. Pasalnya jenis padi ini dapat dipanen dengan jangka waktu 116 hingga 125 hari.

Wakil bupati tabalong mawardi menilai, pertanian wilayah utara memiliki potensi besar untuk dikembangkan, karena tidak terlalu parah terdampak pandemi covid-19. Mawardi pun meminta pertani untuk terut meningkatkan produktivitasnya, bukan hanya pada namun juga jenis tanaman lainnya.

 “oleh karena itu eee saya mengharapkan kepada para petani diwalayah utara di kabupaten tabalong ini mari kita tingkatkan produktivitas kita ini baik tanaman padi pak ai maupun tanaman tanaman lainnya” Kata Mawardi – Wakil Bupati Tabalong.

Mawardi menilai, wilayah utara saat ini mengalami peningkatan peruntungan. Disamping karena keberhasilan panen padi pada masa tanam kedua, juga karena meningkatnya harga karet dalam beberapa minggu terakhir. (M. Arie Arieyadi)

Next Post

Wabup Mawardi Bangga Kaji Terap Kembang Kol Organik BPP Uya Berhasil

Kam Sep 2 , 2021
TABALONG – Wakil Bupati Tabalong bersama jajaran dinas pertanian, melakukan panen kembang kol di lahan terapan seluas 3 borong milik BPP Muara Uya, pada 25 Agustus 2021. Melalui budidaya kembang kol di lahan terapan ini, BPP Muara Uya ingin memberi contoh pada petani sekitar agar temotivasi melakukan hal serupa di […]