Padi Gogo Varietas Siam Tepung Dipanen

Tabalong – Kelompok Tani Ngudi Mulyo Satu Desa Usih Kecamatan Bintang Ara, melakukan panen perdana padi gogo varietas siam tepung pada 15 april 2020. Panen perdana ini turut dihadiri komisi dua DPRD Tabalong bersama Dinas Pertanian setempat.

Padi gogo ini ditanam dengan metode supradyn di lahan karet seluas 14 hektar yang telah dilakukan peremajaan, sehingga pemanfaatan lahan lebih efektif. Dengan metode ini, panen padi para petani meningkat hingga 30 persen.

Kepala Dinas Pertanian Tabalong, Norzain Ahmad Yani menjelaskan, penerapan sistem supradyn ini untuk meningkatkan pendapatan para petani karet. Terutama disaat seperti sekarang, harga karet turun.

Program budidaya padi gogo metode supradyn ini mendapat apresiasi dari Komisi Dua DPRD Tabalong, yang membidangi pertanian dan ekonomi. Ketua Komisi Dua DPRD Tabalong Sumiati mengatakan, selain menambah pendapatan petani di tengah rendahnya karet, kesuksesan budidaya ini juga menurutnya dapat mendorong kemandirian pangan daerah di tengah pandemi covid-19.

Sumiati juga mengapresiasi keberhasilan Dinas Pertanian dalam upaya meningkatkan penghasilan petani karet melalui metode tanam supradyn. Ia mneilai pembinaan dari dinas pertanian sudah cukup maksimal dalam mengembangkan pertanian di tabalong. (Norman)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Program Peremajaan Karet Dari Pusat Dibatalkan, DPRD Tabalong Upayakan Ini….

Sel Apr 21 , 2020
Tabalong – Akibat pandemi covid-19 di Indonesia, pemerintah pusat menghilangkan sejumlah program yang bersumber dari dana APBN. Termasuk kegiatan peremajaan karet di Tabalong, untuk luasan lahan 350 hektar. Ketua Komisi Dua DPRD Tabalong, Sumiati mengakui rasionalisasi anggaran selama wabah covid-19 ditingkat pusat maupun daerah berdampak pada pelaksanaan pembangunan di berbagai […]