Panen Demplot Kajian Penerapan Teknologi Pertanian

Tabalong – Dinas Pertanian dan Bappeda Tabalong bersama Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Bintang Ara melakukan panen tomat dan jagung, pada 16 Juni 2020. Panen dilakukan di lahan percontohan atau demplot dari kajian terapan teknologi pertanian, yang dikembangkan BPP Bintang Ara.

Diketahui berdasarkan demplot kajian ini, hasil panen tomat dan jagung di lahan masing-maisng satu hektar, sudah maksimal. Terlebih budidaya kedua komoditas ini menggunakan pupuk organik hayati yang diproduksi BPP Bintang Ara.

Sebelumnya di kecamatan bintang ara, belum ada petani hortikultura yang mengembangkan dua komoditas ini. Sehingga hasil demplot diharapkan menjadi contoh bagi petani dikecamatan ini untuk membudidayakan komoditas jagung dan tomat.

Kepala Bidang Sarana Dan Prasaran Pertanian Tabalong, Suaidi menjelaskan,  kajian menjadi salah satu langkat meningkatkan perkembangn tanaman tomat dan jagung di bintang ara.

“Hal ini sejalan dengan dari kebijakan kementrian pertanian atau kostratani atau komando strategis pembangunan pertanian dengan melihat para penyuluh petani dan BPP sebagai pusat informasi pertanian di daerah. Sesuai fungsinya memang, sesuai komoditas apa dominan di daerah tersebut. Itulah yang perlu dikembang.” Kata Suaidi.

Kajian terapan teknologi pertanian yang dilakukan BPP Bintang Ara ini, rencananya akan disosialisasikan ke masyarakat. Agar masyarakat dapat mengaplikasikannya, untuk meningkatkan kesejahteraan. (

Next Post

Bappeda Bahas Rembukan Kendala Petani Yang Menjadi Acuan Skala Prioritas

Sel Jun 23 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Usai melakukan panen tomat dan jagung, di demplot kajian penerapan teknologi, Dinas Pertanian bersama Bappeda Tabalong melakukan rembugkan bersama BPP Bintang Ara dan para petani, pada 16 Juni 2020. Rembugkan kali ini membahas faktor pendukung […]
error: