Panen 8 Ton Tomat, Petani Jaro Suplai Ke Wilayah Ibukota Negara Baru

TVTABALONG – Kelompok Tani Bina Rukun Desa Geragata Kecamatan Jaro, menggelar panen perdana tomat pada 24 Mei 2021, atas keberhasilan tanam yang pertama mereka lakukan. Panen raya dihadiri jajaran Porkopemda, Bank Kalsel, Dinas Pertanian Tabalong, serta sejumlah pejabat Pemkab Tabalong lainnya.

Panen raya ini sebagai bentuk syukur atas keberhasilan tanam perdana yang mereka lakukan. Serta sebagai titik awal dalam budidaya hortikultura yang kelompok tani ini jalankan. Pasalnya kelompok tani bina rukun desa Garagata ini baru terbentuk beberapa bulan lalu.

Petani Tomat Kelompok Tani Bina Rukun Desa Garagata, Hasbullah mengatakan di panen perdana ini, diperkirakan dapat menghasilkan tomat sekitar delapan ton, dari 4 ribu bibit awal yang ditanam diatas lahan sekitar 5 hektar. Hasbullah menargetkan penjualan tomat ke wilayah selatan Tabalong, serta ke provinsi Kalimantan Timur.

“Kalau ini diperkirakan tanaman nya aja , yang di tanam sekitar 4000 an, jadi kira kira untuk menghasilkan jumlah kiloan itu kurang lebih 8 ton. Kami ada yang menjual ke arah kaltim kadang kadang kearah selatan.” Kata Hasbullah – Petani Tomat Kelompok Bina Rukun Jaro.

Atas keberhasilan tanam perdana yang dilakukan kelompok tani bina rukun mendapat bantuan berupa satu unit cultivator atau traktor mini, untuk penggemburan tanah. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Kabid Prasarana Dinas Pertanian Tabalong, Suaidi.

“ Yang kita serahkan tadi itu secara simbolis adalah cultivator, cultivator itu adalah semacam traktor yang kecil yang di gunakan untuk pengolahan tanah, menyuburkan tanah dan membuat bidingan.” Kata Suaidi – Kabid Prasarana Dinas Pertanian Tabalong.

Bantuan ini diharapkan dapat mendorong kemajuan para kelompok tani bina rukun desa Garagata. Karena selama ini kelompok tani bina rukun masih meminjam alsintan pada kelompok tani di desa lainnya di kecamatan Jaro.  (Rangga).

Next Post

Distan Tabalong Upayakan Bantuan Untuk Pengembangan Pertanian Tomat di Desa Garagata

Sen Mei 31 , 2021
TVTABALONG – Kelompok Tani Bina Rukun Desa Garagata Kecamatan Jaro, dianggap berhasil dalam bidang holtikultura. Pasalnya meski belum mendapatkan bantuan dari pemerintahan terkait, kelompok tani ini berinisiatif untuk menanam tomat dengan sistem penanaman berjangka, agar musim panen lebih panjang. Meski belum masuk dalam prioritas penerima bantuan pemerintah, budidaya tomat yang […]