Pandemi Corona, Jumlah Hewan Kurban Diprediksi Menurun

Tabalong – Berdasarkan data Dinas Pertanian Tabalong, tahun 2019  lalu jumlah sapi dan kerbau yang dipotong sebagai hewan kurban sebanyak 593 ekor dan kambing sebanyak 122 ekor. Sedangkan ketersediaan hewan ternak sapi di tabalobg sebanyak 4000 ekor. Dan kebutuhan sapi porong per tahun mencapai 3500 ekor.

Berdasarkan kondisi ini, untuk memenuhi kebutuhan tahunan serta kebutuhan qurban, penjual sapi di Tabalong umumnya mendatangkan sapi dari luar pulau. Baik dari Nusa Tenggara Barat maupun Sulawesi.

Namun tahun ini jumlah sapi qurban yang akan didatangkan dari luar daerah akan dikurangi. Pasalnya Dinas Pertanian Tabalong memprediksi akan ada penurunan jumlah warga yang melakukan qurban.

Kasi Kesmavet Dan P2HP Bidang Peternakan Dinas Pertanian Tabalong, Karnadi Ilham menjelaskan, pengurangan sapi dari daerah luar untuk kebutuhan idul adha tahun ini diperkirakan mencapai 20 persen. Hal ini karena mengingat pandemi viris corona yang menyebabkan melemahnya ekonomi masyarakat.

“Untuk korban tahu ini diperkirakan adanya penurunan termasuk prediksi namun untuk data yang pasti dilihat dipelaksanaan, namun prediksi kami ada penurunan. Kenapa ada penurunan kami sudah surpey kelapangan ke pengumpul ternak hewan korban ini, karena adanya pandemi covid 19 ini berpengaruh pada penghasilan masyarakat, kemungkinan prediksi kami dilapangan samapi 20 persen“ kata Karnadi Ilham.

Karnadi juga menjelaskan untuk harga sapi dan kambing kurban saat pandemi ini, tidak mengalami kenaikan yang signifikan, atau hanya naik 1 juta rupiah. Untuk harga sapi qurban tahun ini berkisar antara 14 juta rupiah sampai 2 puluh 5 juta rupiah, serta untuk kambing seharga 2 juta hingga 4 juta rupiah, tergantung ukuran dan bobot.

Next Post

Minta Dukungan DPRD Tabalong, Ini Permohonan Forum Guru Honorer..

Sel Jul 14 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Forum Guru Dan Tenaga Kependidikan Honorer Non Kategori Usia 35 Tahun Ke Atas, GTKHNK 35 Plus, kabupaten tabalong mendatangi Ketua DPRD Tabalong pada 10 Juli 2020. Kedatangan mereka untuk meminta dukungan DPRD terhadap perjuangan mereka […]
error: