Olahraga Mudah Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Di Masa Pandemi

Tabalong – Kita tahu saat ini kasus covid-19 di indonesia termasuk di Tabalong merangkak naik. Salah satu cara untuk menjaga tubuh terhindar dari paparan covid-19, ialah dengan berolahraga secara rutin. Karena dengan berolahraga tubuh menjadi bugar dan sehat sehingga mampu elawan virus dan bakteri yang masuk.

Jenis olahraga yang paling sederhada dilakukan adalah jogging. Olahraga jenis ini bisa memperkuat respon tubuh terhadap penyakit. Baik penyakit jangka pendek seperti infeksi saluran pernapasan atas, hingga penyakit jangka panjang seperti diabetes. Gerakan jogging juga bisa merangsang produksi limfosit dan magrofag, yang melawan infeksi bakteri maupun virus dalam tubuh.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, jogging dilakukan minimal 3 kali seminggu dengan durasi minimal satu jam. Aktivitas jogging paling baik dilakukan di pagi hari saat udara masih ebrsih. Namn juga tetap bisa dilakukan sesuai waktu luang yang tersedia.

“tidak ada waktu yang khusus mau pagi atau sore bisa yang penting sebelum kita jogging jangan lupa pendinginan dan pemanasan nya. Pemanasan dulu jogging baru pendinginan hal itu untuk mencegah cedera. Apakah waktu nya itu baik pagi atau sore itu sama saja  kalau minimal jogging disarankan 3 kali seminggu dengan durasi mungkin sekitar 1 sampai 1,5 jam” Kata dr. Johan, Dokter.

Selain efektif menjaga daya tahan tubuh, jogging juga menjadi jenis olahraga murah dan mudah. Salah satu warga yang menggemari jogging adalah zainal. Ia mengakui jogging tidak membutuhkan biaya mahal, sehingga menjadi olahraga paling sederhana yang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

karena kalau olahraga jogging itukan simple ya tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup banyak cukup lari-lari tidak perlu peralatan olahraga lain” Kata : Zainal, Masyarakat.

Selain memperkuat sistem kekebalan tubuh, jogging juga dapat membantu menurunkan dan menjaga berat badan, menyehatkan jantung, meningkatkan kekuatan tulang, mengembangkan otot, menyehatkan pikiran, meningkatkan sistem pernafasan, serta mampu mengurangi stress. (Nova Arianti).

Next Post

Gowes Bareng Jadi Ajang Memasyarakatkan Olahraga

Sel Mar 8 , 2022
Tabalong – Gowes bareng pusaka, Gobar pusaka yang digelar Minggu 6 Maret 2022, menyediakan berbagai hadiah menarik bagi para peserta. Sebanyak 155 hadiah berupa peralatan elektronik, serta 4 buah sepeda gunung tersedia sebagai door prize. Hadiah-hadiah ini disediakan dari Pemkab Tabalong serta perusahaan swasta yang ada di Tabalong. Sedangkan sepeda […]