Nikmatnya Suguhan Kopi Lokal Khas Tabalong

TABALONG – Kopi menjadi salah satu jenis minuman yang dikenal di seluruh penjuru dunia, termasuk di Tabalong. Nah di Bumi Sarabakawa, terdapat dua jenis kopi yang banyak tumbuh di kebun masyarakat, yaitu Robusta dan Liberica.

Kedua jenis kopi ini banyak tumbuh di wilayah utara Tabalong. Kopi jenis robusta banyak tersebar di di Desa Salikung dan Desa Santuun Kecamatan Muara Uya, kemudian wilayah kecamatan bintang ara dan Kecamatan Haruai. Sedangkan kopi jenis liberica hanya ditemukan di Desa Santuun Kecamatan Muara Uya.

Warung kopi inspirasi menjadi satu-satunya tempat yang menyuguhkan kopi lokal tabalong. Pemiliknya, armadi menjelaskan perbedaan mendasar antara rasa kopi lokal tabalong dengan kopi yang dibudidayakan dari luar daerah, terletak pada rasa manisnya yang muncul. Selain itu kopi asal tabalong juga memiliki rasa nutty atau rasa kacang yang kuat. Untuk memunculkan rasa khas asli dari kopi ini, armadi biasa mengolahnya dengan menggunakan peralatan manual.

“yang jelas perbedaannya itu, ini menurut mereka ya para penikmat kopi, kalaunkopi DIDAERAH lain contoh Liberica atau ROBUSTA, nah robustanya pahit tapi ada SEPATNYA, nah kalau untuk kopi kita di tanjung ini SEPATNYA itu hilang, manisnyang muncul, ternyata itu disebabkan DIDAERAH kita sini, gunungnya, gunung batu kapur, sehingga rasa SEPATNYA hilang, yang muncul rasa manis” Kata Armadi, Owner Rungkop Inspirasi.

Untuk sementara, armadi tidak mensuplai kopi lokal Tabalong ke kedai kopi lain. Ia ingin masyarakat terlebih dahulu mengenali rasa kopi Khas Tabalong, melaui satu sumber. Meski demikian armadi pernah mencoba memasukkan sampel kopi Tabalong ke Pasar Expor Manca Negara, seperti Korea dan Jerman, dan ternyata kopi khas tabaLong diterima baik di Eropa, karena rasanya yang sesuai dengan selera warga Eropa. Sayangnya keterbatasan jumlah biji kopi menjadi kendala utama masuk ke Pasar Ekspor. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Melihat Panen Biji Kopi Robusta & Liberika Khas Tabalong

Sel Sep 7 , 2021
TABALONG – Tanaman kopi di Tabalong ternyata sudah aja sejak sekitar tahun seribu 800an. Tanaman yang dipercaya pertama kali berasal dari benua afrika ini, diyakini dibawa penjajah belanda ke indonesia untuk dibudidayakan. Hal ini sempat menjadikan belanda sebagai salah satu pengekspor terbesar kopi pada saat itu. Kemudian kopi tersebar ke […]