Nikah Di Luar KUA Sudah Bisa Dilaksanakan, Begini Prosedurnya…

Tabalong – Kementerian Agama Republik Indonesia telah menggeluarkan surat edaran tentang pedoman pelaksanaan pelayanan nikah pada masa pandemi covid 19. Surat edaran tersebut diterbitkan pada 10 Juni 2020, berisi tentang aturan pelaksanaan akad nikah di Luar Kantor Urusan Agama.

Pelaksanaan akad nikah di luar kua harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan. Seperti wajib menyediakan tempat cuci tangan, wajib memakai masker, jumlah tamu yang hadir harus dibatasi dan harus didasari dengan alasan yang kuat oleh calon pasangan pengantin.

Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanjung, Syaibani Alkan mengatakan untuk pelaksanaan akad nikah sudah bisa dilaksanakan sesuai dengan surat edaran  kementerian agama republik indonesia, namun pelaksanaan akad nikah harus dengan standar protokol kesehatan.

“ Surat edaran terbaru memang dianjurkan nikah itu dikantor dan karena pertambingan masalah keaman covid 19 namun 7 untuk masyarakat yang akan melaksanakan diluar balai nikah tapi ada mereka harus mengemukakan alasan yang sifatnya mungkin mendesak masih tetap di buka tapi harus menyampaikan alasan alasan memang bersifat mendesak atau sehingga mereka bisa melaksanakan” ucap Syaibani Alkan.

Syaibani Alkan menambahkan sejak dikeluarkannya surat edaran, sudah ada beberapa pasangan yang melaksanakan akad nikah di luar kantor urusan agama. Namun acara berlangsung di luar jam kerja antara sabtu dan minggu. (Munawarah)

Next Post

Jamu Temu Ireng Jadi Andalan Warga Catur Karya Cegah Corona

Sen Jun 22 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Usai meresmikan Kampung Tangguh Banua di Desa Catur Karya, pada 18 Juni 2020, Bupati Tabalong berserta jajaran menanam tanaman obat keluarga berupa temu ireng. Jenis tanaman rimpang satu ini banyak dimanfaatkan warga di desa ini […]
error: