Musrenbang Kecamatan Upau Diwarnai Tarian Dayak Deah

UPAU – Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan Upau, dibuka dengan tarian penyambutan tamu khas Dayak Deah, yang dibawakan sanggar seni Sendaring Mardeka, Desa Pangelak, kecamatan Upau. Senin (01/02).

Tarian ini dibawakan 4 orang penari dengan diiringi 5 orang pemusik, yang umumnya merupakan pelajar.

Selain menyuguhkan tarian khas Dayak Deah, para tamu undangan seperti Kepala BAPPEDA Tabalong, Muhammad Noor Rifani, dan Wakil Ketua I DPRD Tabalong, Jurni turut diajak menari bersama.

Salah seorang penari, Selsabilla mengaku senang dapat menari dalam acara ini. Tarian yang dibawakannya ini mulai ia tekuni sejak kelas 3 SD.

“ya senang aja gitu. sejak kelas berapa ya? kalo ga salah 3 sd. (sekarang kelas?) kelas 6.” Ucapnya.

Pelatih sanggar Seni Sendaring Merdeka, Marcelirahmawati menjelaskan, tarian ini Selain Untuk menyambut tamu dan menghibur, juga sebagai bentuk hormat dari anak-anak kepada orang yang lebih tua, ataupun orang besar.

Jadi dalam adat tampilannya tadi adalah tampilan untuk menyambut tamu, para undangan, khususnya untuk menghibur. Jadi dalam tarian ini tadi itu ada bentuk sebagai hormat, disini pastinya kami mengajak anak-anak disini menghormati, baik dari orangtua maupun orang terbesar. Jadi itu intinya dari segi tarian yang ditampilkan.” Terangnya.

Para penari ini hanya membutuhkan waktu selama 2 hari untuk latihan, namun mereka mengaku tidak mengalami kesulitan ataupun kendala, karena sudah sering menari bersama teman-temannya. (Alfi Syahrin).

Next Post

Dialog - Sekolah Aman di Tengah Pandemi Covid-19

Sen Feb 8 , 2021
Featured Video Play Icon