MUI Tabalong: Vaksinasi Tidak Membatalkan Puasa

TVTABALONG – Untuk mempercepat penanggulangan covid-19, Pemerintah menargetkan pelaksanaan vaksinasi covid-19 menjangkau 181,5 juta orang, atau 70 persen dari penduduk Indonesia di tahun 2021. Untuk mencapai target tersebut, Pemerintah terus melakukan vaksinasi meski tengah dalam  bulan Ramadhan.

Mengacu pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia nomor 13 tahun 2021 tentang hukum vaksinasi saat berpuasa, hukumnya boleh dilakukan dan tidak membatalkan puasa. Hal tersebut didasari dari beberapa kajian dan rujukan dalil yang diambil MUI.

Melalui fatwa tersebut, MUI menetapkan vaksinasi dengan injeksi intramuscular atau injeksi yang dilakukan dengan cara menyuntikkan obat atau vaksin melalui otot, tidak membatalkan puasa umat islam. Terutama selama kegiatan tersebut tidak menimbulkan bahaya.

“Majelis Ulama Indonesia Pusat, memberikan rekomendasi kepada pemerintah, yang pertama, pemerintah dapat melakukan vaksinasi covid-19 pada saat bulan ramadhan, untuk mencegah penularan wabah covid-19 dengan memperhatikan kondisi umat islam yang sedang berpuasa, kedua pemerintah dapat melakukan vaksinasi covid terhadap umat islam pada malam hari bulan ramadhan jika proses vaksinasi pada siang hari saat berpuasa dikhawatirkan menyebabkan ada akibat lemahnya kondisi fisik, yang ketiga, umat islam wajib berpartisipasi dalam program vaksinasi covid-19 yang dilaksanakan oleh pemerintah, untuk mewujudkan kekebalan kelompok dan terbebas dari wabah covid-19.” Kata Ketua MUI Tabalong, Sabilarrusdi.

Di bulan Ramadhan, umat Islam yang akan divaksin harus memperhatikan istirahat yang cukup, dan sahur dengan makan makanan bergizi seimbang. Sehingga pada saat divaksin dalam keadaan berpuasa, kondisi fisik dapat terjaga. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Swab Test & Rapid Antigen Covid-19 Tak Membatalkan Puasa

Sen Apr 19 , 2021
TVTABALONG – Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa terkait tes swab pada saat berpuasa yang tertuang dalam fatwa MUI nomor 23 tahun 2021. Fatwa tersebut untuk menjawab keraguan masyarakat terkait pelaksanaan tes usap saat berpuasa. Di dalam fatwa tersebut ditetapkan bahwa tes swab atau tes usap tidak membatalkan puasa, hukumnya boleh, […]