Miliki Ruang Isolasi Mandiri. Desa Kasiau Raya Siap Tampung Warganya Yang Terpapar Corona

Tabalong – Desa Kasiau Kecamatan Murung Pudak tengah mempersiapkan diri, agar layak menjadi kampung tangguh banua, dalam hal penanganan covid-19. Desa ini sebelumnya memang ketat dalam menerapkan protokol kesehatan, dan berbagai upaya dalam mencegah warganya terpapar virus corona.

Desa dengan penduduk 717 jiwa ini, dalam beberapa bulan terakhir melakukan penjagaan ketat di setiap pintu masuk desa. Penjagaan dilakukan oleh para relawan yang terdiri dari 40 warga di desa ini. Kegiatan penjagaan dilakukan dengan mendata warga yang keluar masuk desa mereka.

Jauh sebelum pandemi covid nineteen melanda, setiap halaman rumah warga di kasiau raya, telah dilengkapi pipa air mengalir, yang bersumber dari dam penampung  aliran sungai desa.  Saat ini di pergunakan sebagai wadah pencucian tangan, oleh pihak masyarakat.  

Selain itu saat ini pihak desa juga tengah mempersiapkan ruang isolasi khusus, bagi warganya yang terpapar covid-19. Ruang isolasi sebelumnya merupakan ruang serbaguna, yang saat ini dapat menampung 6 pasien. Persiapan ruang isolasi ini tengah menunggu kelengkapan fasilitas pendukung

Kepala Desa Kasiau Raya, Adha Rayadi menjelaskan, sebelum ditunjuk sebagai salah satu kampung tangguh, pihak desa sudah melaksanakan beberapa kegiatan, sebagai upaya serius masyarakat, menanggulangi wabah covid nineteen.

“ jadi desa kasiau raya ini kebetulan salah satu desa yang ditunjuk untuk melaksanakan program pemerintah berupa desa kampong tangguh banua. Dari awal kita sudah sebelum adanya penjenangan kampong tangguh ini kita sudah melaksanakan beberapa kegiatan terkait masalah penanganan wabah covid 19 ini.” Ujar Adha Riyadi

Selain itu, agar pelaksanaan ibadah berjalan tenang, masyarakat juga sepakat utnuk menerapkan protokol kesehatan, dengan memberi jarak pada shaft shalat, serta mewajibkan jamaah memakai masker. (Rangga)

Next Post

Raker Dengan Pimpinan RSUD HBK Maburai, DPRD Tabalong Minta Tingkatkan Kewaspadaan & Pelayanan

Sen Jun 22 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Komisi Satu DPRD Tabalong menggelar rapat bersama pihak RSUD Badaruddin Kasim pada 18 Juni 2020. Rapat membahas percepatan pelayanan covid-19 di kabupaten tabalong. Dalam rapat ini, pihak komisi satu mempertanyakan perihal teknis pelayanan pasien terindikasi […]
error: