Miliki Fasilitas Khusus Covid19, Tabalong Bakal Dijadikan Penyangga Penanganan Covid19 Utara Kalsel

Tabalong – Kabupaten Tabalong dinilai berpotensi menjadi daerah penyangga penanaganan covid19 di Wilayah Utara Kalimantan Selatan. Hal ini menyusul fasilitas yang telah dimiliki Tabalong, dalam menangani covid19. Seperti Rumah Sakit Umum Tanjung yang difungsikan sebagai rumah sakit khusus penanganan covid19. Tenaga medis khsuus covid19 yang saat ini sudah mulai bertugas, serta persiapan 4 kamar isolasi bagi pdp berat.

Wakil Ketua Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coviud19 Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq, menilai fasilitas khusus penanganan covid nineteen RSUD Tanjung berpotensi sebagai tempat rujukan penanganan PDP berat, hingga positif covid19 tanpa gejala, atau OTG.

Namun untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan keputusan Gubernur sehingga ada intervensi dari provinsi, dalam hal pembiayaan ataupun penyediaan fasilitas pendukung yang diperlukan. Sehingga kasus covid nineteen Tabalong, benarbenar dapat menjadi penyangga di wilayah paling utara Provinsi Kalimantan Selatan.

“Kalo memang ini bisa kita gunakan kami akan lakukan penunjukan ini, tadi ada ruang tekanan negatif  dan seterusnya. Kita akan lakukan dengan keputusan Gubernur sehingga ada intervensi dari provinsi. Kalo tadi kita sampaikan pak bupati kandangan, kita telah mengintervensi hasan basri menjadi 100 kamar untuk penanganan positif terkonfirmasi dengan gejala. Nah kalo ini mempunyai tekanan negatif tentu itu juga potensi untuk kita tetapkan sebagai tempat penanganan rujukan bergejala sampai ke tingkat yang berat tadi masih bisa, kemudian karantina positif tanpa gejala, jadi 2 hal ini pak bupati kami harap akan dilakukan dengan penunjukan SK Gubernur, sehingga kami bisa intervensi, apa apa yang diperlukan dalam rangka menuju itu kita akan diskusikan, nanti aka nada sharing berapa yang akan dibiayai oleh bupati, mungkin konstruksinya silakan bangun, isinya atau ventilator atau apa yang diperlukan untuk mendukung ini kita back up, sehingga ini bisa menjadi penyangga di bagian paling utara pak bupati.” Ucap Hanif Faisal

Pemerintah Kabupaten Tabalong telah merenovasi RSUD Tanjung yang lama, menjadi fasilitas khusus penanganan covid nineteen. Hingga saat ini tersedia 20 kamar isolasi pasien covid nineteen, termasuk empat kamar untuk PDP berat. Selanjutnya renovasi kembali dilakukan dengan target mencapai 40 kamar isolasi. (Alfi)

Next Post

750 Takjil Dibagikan Untuk Warga Juai Kecamatan Tanjung

Kam Mei 28 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tanjung – Wakil Bupati Tabalong beserta jajaran pemerintah Kabupaten Tabalong kembali membagikan paket makanan berbuka puasa pada Jumat 22 Mei 2020. Kali ini Pemerintah Kabupaten Tabalong membagikan 750 paket makanan berbuka puasa beserta masker untuk warga desa […]
error: