Mesin ADM Bisa Cetak E-KTP Dalam Hitungan Menit

TABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong, terus meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Salah satunya dengan menerapkan inovasi yang dikembangkan Dirjendukcapil RI berupa alat anjungan Disdukcapil Mandiri, di Mall Pelayanan Publik Tabalong. Mesin ADM ini siap beroperasi sejak diluncurkan pada 29 Juni 2021, untuk mencetak E-KTP, KIA, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan Akta Kematian dengan mudah cepat dan gratis.

Sebelum menggunakan mesin ADM ini, masyarakat harus ke kantor Disdukcapil Tabalong terlebih dahulu untuk mendapatkan pin untuk menggunakan mesin ini. Mesin adm ini diperuntukkan bagi amsyarakat yang ingin mengurus dokumen administrasinya dengan cepat tanpa harus mengantri di kantor disdukcapil.

Kepala Disdukcapil Tabalong, Suryanadie menjelaskan, masyarakat yang belum bisa mengoperasikan mesin ini akan dibantu oleh petugas pengamanan di MPP Tabalong. Karena pihak Disdukcapil Tabalong akan memberikan pelatihan pada petugas untuk membantu masyarakat mengoperasikan mesin ini.

 “yang pertama kan ketika orang mau mengurusnya kita tawarkan, mau cetak sendiri atau mau nunggu, nah kalau yang paham biasanya mau sendiri karena dia paham kalau orang tua ya mereka pasti minta tolong cetak akan, atau nanti kalau ada kesulitan pasti akan dipandu oleh petugas, petugas kami mungkin ada satpam yang nanti kita lajari karena berada didepan kan” Kata Suryanadie  – Kepala Disdukcapil Tabalong.

Suryanadie menambahkan, keberadaan adm ini salah satu upaya untuk menghindari pungli atau calo pungutan liar dari petugas. Mesin ADM sendiri mampu untuk cetak kurang lebih sebanyak 100 blangko E-KTP dan KIA. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Kejaksaan Negeri Tabalong Dan BPJS Kesehatan Jalin Kerjasama

Kam Jul 1 , 2021
TABALONG – Badan penyelenggara jaminan sosial, BPJS kesehatan cabang Barabai, melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Kejaksaan Negeri Tabalong, pada 30 Juni 2021. kerjasama ini sebagai upaya melakukan penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara. Kerjasama ditujukan untuk mencapai komunikasi yang baik dengan pemangku kepentingan terkait pelaksanaan program BPJS […]