Meraup Untung Dengan Budidaya Ikan Nila

TABALONG – Mbah raji, salah satu warga Desa Kambitin Raya Kecamatan Murung Pudak, menjadi salah satu pembudidaya ikan nila yang sukses. Hampir seperempat abad waktunya digeluti dalam membudidayakan ikan nila, tepatnya sejak tahun 1999.

Saat ini mbah raji memiliki lahan kolam seluas setengah hektar yang mampu menampung sekitar 20 ribu ikan nila. Sejak pertama memulai pembudidayaan ikan, mbah raji terus mengembangkan usahanya, hingga kini mempekerjakan sejumlah orang untuk menangkap ikan, menimbang, serta melakukan pengantaran.

Mbah raji mengaku sengaja memilih untuk menekuni budidaya ikan nila, karena penjualannya cenderung stabil di angka 25 hingga 27 ribu per kilo. Terlebih di saat pandemi covid-19 seperti sekarang, permintaan ikan nila untuk konsumsi tetap stabil.

 “tergantung kebutuhan pasar kalo di pasar tanjung paling-paling paling besar 2 pikul kalonya pengiriman hari-hari tu, kalo yang perbulan ini ada kaltim yang mengambil sebagian kan kadang-kadang nggak tentu, kaltim ini kadang-kadang bisa 7 pikul 1ton” Kata Pembudidaya Ikan Nila , Mbah Raji.

Mbah raji menambahkan, dari pengalamannya berkecimpung di usaha ikan nila, tidak pernah sekalipun mengalami kerugian, bahkan saat banjir beberapa kali di awal tahun lalu, usaha ikan nila miliknya masih saja mampu mendapatkan untung yang lumayan. (Gazali Rahman).

Next Post

Dina Qomariah Pimpin IJTI Kalsel, Ini Programnya Kedepan…

Sel Jun 29 , 2021
TABALONG – Pengurus daerah ikatan jurnalis televisi indonesia kalimantan selatan, menggelar musyawarah daerah keempat untuk pemilihan ketua periode 2021-2024, pada 26 Juni 2021, di Hotel Mercure Banjarmasin. Musda ini diikuti 17 orang peserta penuh, dan belasan peserta peninjau, yang terdiri dari berbagai insan jurnalis pertelevisian indonesia, baik dari tv nasional […]