Menjaga Jarak Dengan Orang Lain Cara Efektif Cegah Penyebaran Covid-19

Tabalong – Penanganan pandemi covid-19 menjadi perhatian serius pemerintah pusat hingga ke daerah. Bahkan pemerintah mengambil kebijakan untuk meniadakan aktivitas belajar di sekolan dan perguruan tinggi, menutup tempat fasilitas umum, serta menerapkan sistem bekerja dari rumah, dan melarang berbagai kegiatan yang berpotensi mengunpulkan massa, untuk menekan penyebaran covid-19. Pasalnya menjaga jarak antar orang dan membatasi kontak fisik antar orang atau yang disebut dengan istilah physical distancing, menjadi kunci utama memutus rantai penyebaran penyakit yang disebabkan virus corona tersebut.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid 19 Tabalong, dr. Taufiqurrahman Hamdie, menjelaskan covid 19 menyebar melalui droplet atau cairan yang keluar saat si penderita  batuk atau bersin. Cairan dapat masuk langsung ke saluran pernapasan, mulut maupun mata.  Selain itu covid 19 juga dapat menular melalui droplet yang tersentuh tangan orang lain, yang kemudian berpotensi masuk lewat hidup, mata, maupun mulut. Oleh karena itu penting bagi kita menjaga jarak, dan mengurangi aktivitas di luar rumah agar terhindar dari percikan droplet penderita covid-19.

“Sehingga dengan physical distancing ini, menjaga jarak dapat memungkinkan memutus kemungkinan orang tertular dari si orang yang membawa  kuman covid-19 dengan orang lain. Nah ini sangat efektif kita implementasikan dalam misalnya sekolah diliburkan, kemudian dilarang berkerumbunan di tempat-tempat umum yaa. Kegiatan yang mengumpulkan orang banyak juga dikurangi.” Kata dr. Taufiq.

Sesuai dengan arahan pemerintah bagi ODP yang di karantina secara mandiri, diharap untuk tidak keluar rumah, disiplin dan mematuhi peraturan.  Isolasi diri merupakan cara paling efektif bagi si penderita agar tidak menillarkan penyakit ini ke orang lain.

Oleh sebab itu menurut dokter Taufiq, peran masyarakat sangat penting dalam memutus rantai penyebaran covid 19. Pasalnya pengobatan akaan sulit dilakukan, karena belum ditemukan obat khusus untuk covid-19. Ia berharap masyarakat dapat mematuhi aanjuran pemerintah dalam menerapkan physical distancing, baik bagi yg sehat, terlebih bagi mereka yg berstatus sebagai ODR, ODP, dan PDP serta positif covid 19. (Maimun)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Masker Kain Efektif Cegah Penyebaran Covid-19, Simak Penjelasannya….

Sel Apr 7 , 2020
Tabalong – Masker menjadi alat pelindung diri utama bagi semua orang ditengah pandemi covid-19. Penggunaan masker terbukti efektif mencegah penularan berbagai virus, selain penerapan pola hidup bersih dan sehat. Sayangnya ketersediaan masker medis atau masker bedah mulai langka dipasaran. Namun saat ini banyak industri rumahan yang mulai memproduksi masker kain. […]