Menegangkan ! Begini Proses Evakuasi Sarang Tawon Yang Bisa Sebabkan Kematian…

TABALONG – Satuan Polisi Pamong Praja Damkar Tabalong melakukan evakuasi terhadap sarang tawon yang berada dirumah warga, di RT 04 Desa Garunggung Kelurahan Tanjung. Kegiatan evakuasi dilakukan pada 15 Juli 2021 sekitar pukul delapan malam. Evakuasi ini dilakukan dari hasil laporan warga yang diterima Damkar pada jam 8 pagi.

Tawon yang dievakuasi kali ini merupakan jenis vespa affinis yang bisa menyebabkan alergi hingga meninggal dunia jika terkena sengatan dalam jumlah banyak. Evakuasi dilakukan di malam hari mengingat tawon jenis tersebut sangat agresif jika terkena cahaya.

Evakuasi berlangsung selama kurang lebih 30 menit dengan menurunkan 12 orang personil, yang terbagi dalam 3 tim, tim eksekusi, tim evakuasi, dan tim pengamanan. Pemilik rumah, pajoko, mengaku khawatir tawon menyerang orang disekitarnya, sedangkan ia tidak memiliki alat dan keberanian untuk mengevakuasi sendiri.

Terimakasih atas bantuannya, soalnya kami masyarakat kada bisa keitu, kada wani menghilangkan keitu, sekitar 6 bulan sudah, kami sangat terbantu” Kata Pajoko, Pemilik Rumah.

Kepala seksi pencegahan dan penanggulangan kebakaran Satpol PP Tabalong, Jumansyah, berpesan kepada masyarakat, jika kembali menemukan binatang yang mengganggu kenyamanan, agar segera melapor baik ke pihak Damkar maupun BPBD Tabalong. Sehingga petugas dapat melakukan evakuasi dengan aman.

“Pesan untuk masyarakat kita, kalau ada  hal hal seperti ini, misalnya binatang berbisa sejenis tawon, ular, segala macam, kalau itu mengganggu aktivitas masyarakat, dan tidak berani untuk mengamankan dan mengeksekusi, segera lapor ke damkar satpol PP Tabalong, atau BPBD Tabalong, jadi itu saran kami” Kata Jumansyah , Kasi Pencegahan & Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Tabalong.

Selanjutnya sarang tawon yang sudah dievakuasi ini, dibawa ke markas Damkar Tabalong untuk dimusnahkan. Sehingga tidak mengganggu aktivitas warga sekitar. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Bupati Anang Dorong Warga Perkuat Sektor Pertanian Di Tengah Pandemi Covid-19

Rab Jul 21 , 2021
TABALONG – Bupati Tabalong menilai ekonomi dari sektor pertanian memiliki peluang besar untuk tetap tumbuh di masa pandemi covid-19 seperti saat ini. Hal ini ia sampaikan saat menghadiri kegiatan temu teknis penyuluh pertanian, yang digelar 14 Juli 2021 di Pendopo. Peluang sektor pertanian ini didasari data BPS, dimana saat pertumbuhan […]