Melon Varietas Gracia Berhasil Dikembangkan BPP Bintang Ara

TABALONG – Wakil bupati tabalong bersama jajaran Dinas Pertanian, memanen melon di lahan terapan seluas 5 borong milik BPP Bintang Ara pasal 31 Agustus 2021. Budidaya melon disini tergolong berhasil, karena sebelumnya BPP Bintang Ara pernah mencoba membudidayakan melon, namun gagal akibat serangan hama dan iklim.

Pada budidaya kali ini PPL BPP Bintang Ara menggunakan melon varietas grasia yang ternyata cocok dengan tanah di Kecamatan Bintang Ara. Selain itu, teknik penanaman juga dilakukan di lahan, tanpa melalui proses penyemaian. Dalam pemeliharaannya PPL melakukan pemotongan pucuk dan hanya fokus memelihara 2 cabang.

Koordinator BPP Muara Uya, hermansyah. Menjelaskan masa tanam melon terbilang pendek dengan harga jual yang menggiurkan. Ia berharap melalui kaji terap ini, masyarakat sekitar dapat ikut mengembangkan tanaman melon guna membantu menambah penghasilannya, selain bergantung pada hasil kebun karet.

 “jadi harapan kami nantinya para petani yang ada di bintang ara ini artinya dapat mengembangkan tanaman melon ini agar dapat menambah penghasilan mereka selain tanaman Lombok dan tomat karena mana tanaman melon ini sangat mudah dipelihara dan umurnya juga pendek sekitar 70 hari sudah panen dan juga harga jualnya sangat menggiurkan.” Kata Hermasnyah – Koordinator BPP Muara Uya.

Untuk memotivasi petani Kecamatan Bintang Ara membudidayakan melon, pelaksana tugas kepala dinas pertanian tabalong, syam’ani berjanji akan melakukan pendampingan. Ia juga berjanji distan melalui ppl setempat akan mengawal dan membina petani agar sukses membudidayakn melon.

 “nah kemudian sebagaimana yang telah kami sebutkan tadi kami sudah minta kepada petugas kami yang ada di lapangan untuk melakukan pendampingan dan pengawalan serta pembinaan supaya petani bisa lebih percaya diri lagi dalam berusaha tani untuk memastikan bahwa mereka bisa panen.” Kata Syam’ani- Plt Kepala Distan Tabalong.

Keberhasilan kaji terap melon yang dilaksanakan di BPP Bintang Ara diapresiasi Wakil Bupati Tabalong, Mawardi. Selain melakukan panen melon ia juga melakukan penanaman bawang merah. Mawardi berharap dari beragam kaji terap yang dilaksanakan bpp, dapat membuat Tabalong menjadi penghasil berbagai jenis hortikultura.

 “karena melon ini biasanya didatangkan dari pulau jawa, nah ternyata melon ini juga bisa ditanam di wadah kita di tempat kita, dan tadi juga kita mencoba menanam bawang merah karena bawang merah ini sudah kita tanaman di beberapa kecamatan ternyata berhasil, ulun kemarin mengajak para petani kalau bisa jangan bawang merah aja yang ditanam, bawang putih jua, karena bawang putih harganya lebih mahal daripada bawang merah apalagi bawang putih tunggal, bawang putih ada yang tunggal pak udin, harganya yang tunggal itu mungkin 5x lipat daripada harga bawang yang biasa itu.” Kata Mawardi – Wakil Bupati Tabalong. Dalam kesempatan ini, mawardi juga menyampaikan agar petani yang kekurangan modal, dapat mengajukan pinjaman permodalan di BPR Tabalong bersinar melalui program kredit gerbang emas. (M. Arie Arieyadi)

Next Post

Pemkab Tabalong Hadiri Launching MCP Bersama Kemendagri

Sel Sep 7 , 2021
TABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong mengikuti rapat koordinasi virtual tentang pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah secara nasional, pada 31 Agustus 2021. Dalam rakor ini pemerintah pusat melalui Kemendagri, tito karnavian, bersama Ketua KPK dan Kepala Badan Pengawasan Keuangan, meluncurkan pengelolaan bersama Monitoring Centre Prevention, atau MCP. MCP ini merupakan salah satu […]