Melihat Canggihnya Ruang Kontrol ATCS, Petugas Bisa Langsung Tegur Pelanggar Lalu Lintas

TABALONG – Inilah Command Center Room ATCS yang berada di Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong, Mabuun, Kecamatan Murung Pudak. Melalui CC Room ini, para petugas dari Dishub Tabalong dapat memantau langsung pergerakan lalu lintas di delapan titik persimpangan jalan nasional, melalui kamera CCTV.

Kedelapan titik tersebut dimulai dari persimpangan depan Expo Center, Bundaran Monumen Tanjung Puri, Persimpangan Tanjung Selatan, Polres Tabalong, Belimbing, Sulingan, Hingga Ke Simpang Empat dan Simpang Tiga Selongan. Setiap persimpangan dilengkapi dengan kamera CCTV yang bervariasi, seperti kamera 360 derajat, dan ada kamera yang mengarah ke masing-masing jalan persimpangan, disesuaikan dengan kebutuhan setiap persimpangan.

Selain kamera CCTV, pada tiang ATCS juga dilengkapi announcer atau pengeras suara. Ini memudahkan para petugas untuk menegur jika ada pengendara yang melanggar lalu lintas, atau sekedar memberikan imbauan keselamatan saat berkendara

Kelebihan lainnya dari sistem yang terbaru ini ialah, operasional rambu lalu lintas dapat dikontrol cukup melalui CC Room ini, karena setiap persimpangan sudah saling terkoneksi. Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Tabalong, Tumbur Manalu.

 “Jadi setiap persimpangan itu nanti untuk sistemnya terkoneksi antara simpang 1 dengan simpang berikutnya. Jadi selama ini pekerjaan untuk pengaturan fase merah kuning hijau yang selama ini manual melalui panel yang ada, sekarang bisa langsung dikendalikan melalui CC room, melalui sistem.” Kata Tumbur P. Manalu, Kepala Dishub Tabalong.

Saat ini secara keseluruhan ATCS belum berfungsi seratus persen, mengingat masih ada penyesuaian sistem. Namun ditargetkan dalam beberapa hari kedepan seluruh ATCS rampung, terlebih rencana penggunaannya saat 17 Agustus nanti, saat menyanyikan lagu Indonesia Raya. (Alfi Syahrin).

Next Post

Pemkab Tabalong Terima 1 Mobil Perpusling Dari Perpustakaan Nasional

Sen Agu 9 , 2021
TABALONG – Kantor Perpustakaan Nasional memberikan bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong. Penyerahan dilakukan simbolis pada 4 Agustus 2021, oleh Deputi Bidang Pengembangan dan Sumber Daya Perpustakaan Nasional, dan diterima langsung Bupati Tabalong Anang Syakhfiani di Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan. […]