Mei 2021 Kota Tanjung Inflasi 0,31%, Daging Ayam Ras Jadi Penyumbang Terbesar

TVTABALONG – Pada momen hari raya idul fitri  bulan Mei lalu, terpantau sejumlah harga bahan pokok mengalami kenaikan. Salah satunya harga daging ayam ras yang mengalami kenaikan harga cukup signifikan.

Kenaikan harga  didorong oleh banyaknya permintaan konsumen, sedangkan pasokan daging ayam ras tetap sama seperti bulan sebelumnya, sehingga membuat terjadinya lonjakan harga. Keniakan ini kemudian berdampak terhadap inflasi kota tanjung pada bulan Mei 2021.

5 Kelompok pengeluaran penyumbang inflasi bulan mei, diantaranya, daging ayam ras  meningkat sebesar 0,1748%, tomat sebesar 0,063 %, emas perhiasan 0,0532%, minyak goreng sebesar 0,294 %, dan daun seledri  sebesar 0,0245%.

Kordinator Fungsi Statistik Distribusi, Dessy Perdana mengatakan, kenaikan harga pada daging ayam ras pada bulan Mei lalu, dikarenakan meningkatnya permintaan konsumen untuk kebutuhan  saat lebaran.

“Ini daging ayam ini pertama pasokannya tetap tapi karena lebaran orang banyak makan opor ayam mungkin ya atau masak buat lebaran itu permintaan banyak, stok nya sama, makanya naik” Kata Dessy Perdana, Kordinator Fungsi Statistik Distribusi BPS Tabalong.

Dessy perdana juga menambahkan, kenaikan harga saat momen lebaran sudah biasa terjadi setiap tahunnya, namun ia menegaskan inflasi yang terjadi masih tergolong wajar dan masih dapat terkendali. (Maria Ulfah).

Next Post

Pastikan Akurat, Seluruh Timbangan Pedagang di Pasar Kapar Ditera Ulang

Rab Jun 9 , 2021
TVTABALONG – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tabalong menggelar sidang tera dan tera ulang, pada 2 Juni 2021, di Pasar Kapar Kecamatan Murung Pudak. Sidang ini dilakukan terhadap UTTP atau alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya, dari para pedagang di sekitar pasar kapar. Sidang yang dilakukan ini merupakan yang pertama kali […]