Materi Berlalu Lintas Dalam Pelajaran PKN Mulai Diterapkan Semester Depan

Tabalong – Dinas Pendidikan Tabalong bekerjasama dengan Satlantas Polres Tabalong, menyelenggarkan workshop pengintegrasian materi pembelajaran berlalu lintas ke dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (pkn), kepada seluruh guru PKN tingkat SMP se-Tabalong. Workshop yang diselenggarakan di Aula Islamic Center Mabuun Kecamatan Murung Pudak ini, berlangsung selama dua hari dari 25 hingga 26 November 2020.

Kasatlantas Polres Tabalong, Iptu Narendra menyampaikan, melalui workshop ini pihaknya memberikan pembekalan kepada guru PKN, kemudian diterapkan dalam pembelajaran di sekolah. Sehingga diharapkan nantinya para pelajar dapat menjadi agen perubahan tertib berlalu lintas di kehidupan masyarakat.

“Mulai dari guru, ini kegiatan workshop adalah memberi ilmu kepada guru, setelah itu guru memberi ilmu kepada anak didik di sekolah, anak didik bisa berbagi ilmunya juga kepada keluarganya di rumah. Jadi itu harapan kami, seluruh elemen, seluruh bagian dari masyarakat bisa memahami dan mempelajari tentang tertib dalam berlalu lintas.” Kata Iptu Narendra.

Pembelajaran berlalu lintas dalam pelajaran PKN ini bertujuan menanamkan sikap disiplin kepada pelajar, dan memberikan pemahaman akan pentingnya keselamatan diri dan orang lain dalam berlalu lintas, sesuai dengan norma-norma hukum yang berlaku. Dalam pembelajaran ini juga diberikan pengetahuan tentang sejumlah marka, tanda, atau rambu lalu lintas.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Tabalong, Sutimbul menyampaikan, materi pembelajaran ini mulai diterapkan pada semester genap tahun ajaran 2020-2021, bulan januari mendatang. Pasalnya pelaku pelanggar lalu lintas didominasi pelajar, sehingga ia menilai pembelajaran ini perlu segera diimplementasikan di sekolah.

“Kami berniat, Dinas Pendidikan dengan Polres Tabalong khususnya Kasatlantas akan menerapkan dalam pembelajaran di sekolah itu tahun ajaran baru bulan januari semester genap. Jadi menurut khidmat kami, pembelajaran ini diimplementasikan lebih cepat lebih bagus karena kita melihat fenomena di dalam kehidupan berlalu lintas bahwa ternyata dominan adalah pelajar-pelajar sebagai pelaku pelanggar lalu lintas.” Kata Sutimbul

Kegiatan workshop ini sendiri merupakan tindaklanjut atas kerjasama antara Disdik dan Satlantas Polres Tabalong, yang sebelumnya telah ditandatangani kedua belah pihak, pada bulan September 2020 lalu.

Next Post

Guru PKN SMP Se-Tabalong Susun & Kembangkan Materi Pelajaran Yang Berkaitan Dengan Ketertiban Berlalu Lintas

Sel Des 1 , 2020
Tabalong – Guru pendidikan kewarga negaraan di Tingkat SMP Se Tabalong, melakukan peyusunan silabus dan RPP PKN, yang diintegrasi dengan pembelajaran berlalu lintas. Hal ini dilakukan saat peserta mengikuti workshop pengintegrasian materi pembelajaran berlalu lintas ke dalam pelajaran PKN, yang diselenggarakan dari 25 hingga 26 November 2020. Melalui workshop ini, […]