Masyarakat Buka Pasar Ramadhan Diminta Terapkan Protkes Ketat

TVTABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong memastikan tidak akan memfasilitasi pasar Ramadhan tahun ini. Namun Pemkab Tabalong juga tidak melarang jika masyarakat ingin menggelar pasar Ramadhan secara mandiri, dengan syarat harus mampu menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Hal tersebut disampaikan kepala bidang pariwisata Dinas Pemuda olahraga Dan Pariwisata Tabalong, Lilis Martadiana, selaku leading sektor pasar Ramadhan. Lilis mengatakan telah mendata lima Kecamatan yang akan menggelar pasar Ramadhan, yakni Kecamatan Muara Uya, Haruai, Murung Pudak, Tanjung, dan Kelua.

 “Dari masyarakat dan untuk masyarakat, nah kemudian tentu saja dalam hal ini dengan ketentuan protokol kesehatan yang ketat. Jadi ada beberapa tempat di Kecamatan Muara Uya, kemudian juga di Kecamatan Haruai, kemudian Kecamatan Murung Pudak, Kecamatan Tanjung, dan satunya Kecamatan Kelua.” Kata Kabid Pariwisata Disporapar Tabalong, Lilis Martadiana.

Setiap pedagang diwajibkan berjarak min. 2 meter

Camat murung pudak, putra perdana mengatakan, saat ini sudah ada dua tempat di wilayahnya yang mengusulkan pasar ramadhan, yaitu pasar kapar dan pasar lama. Ia pun menekankan pelaksanaan pasar ramadhan, wajib menerapkan protokol kesehatan ketat, seperti setiap pedagang berjarak minimal dua meter.

 “Sampai saat ini ada 2 tempat yang mengajukan usulan terkait pasar Ramadhan ini, yaitu Pasar Kapar dan Pasar Lama. Dan mungkin beberapa kedepan kami tidak menyaksikan juga…menyangsikan juga kedepan ada beberapa tambahan mungkin di Pasar Mabuun atau di Tanjung Selatan, tapi kami hanya menekankan dari Satgas covid kecamatan terkait masalah pasar ini seperti arahan Pak Bupati bahwa protokol kesehatan itu tetap kita jalankan dan juga dalam berjualan itu dibatasi jarak paling minimal 2 meter, lebih dari 2 meter lebih bagus lagi.” Kata Camat Murung Pudak, Putra Perdana.

Putra Perdana menambahkan, sesuai arahan Bupati Tabalong jika ada yang melanggar protokol kesehatan secara ketat, Satgas Kecamatan dengan dibantu satpol PP dan pihak terkait akan menutup pasar Ramadhan. (Alfi syahrin).

Next Post

Stok Beras di Tabalong Aman Selama Ramadhan

Sen Apr 12 , 2021
TVTABALONG – Dinas ketahanan pangan Kabupaten Tabalong memastikan stok beras mampu mencukupi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan. Terlebih bulan Maret dan April tahun ini merupakan masa panen raya beras, baik di tingkat Nasional hingga ke Daerah. Sehingga bisa dipastikan tuntutan masyarakat akan beras lokal akan terpenuhi. Kepala Dinas Ketahanan Tabalong, Norzain […]