Masker Kain Efektif Cegah Penyebaran Covid-19, Simak Penjelasannya….

Tabalong – Masker menjadi alat pelindung diri utama bagi semua orang ditengah pandemi covid-19. Penggunaan masker terbukti efektif mencegah penularan berbagai virus, selain penerapan pola hidup bersih dan sehat. Sayangnya ketersediaan masker medis atau masker bedah mulai langka dipasaran.

Namun saat ini banyak industri rumahan yang mulai memproduksi masker kain. Selain murah dan mudah didapat, masker kain ini pun efektif mencegah penularan virus, asal dipakai dengan cara yang tepat.

Pasalnya masker kain mampu menahan droplet atau percikan dahak, serta dapat dicuci dan dipakai berulang kali. Namun masker kain juga memiliki kekurangan, seperti filternya yang tidak terlalu efektif menahan mikroorganisme, dan maksimal pemakaian hanya dalam waktu 3 jam.

Namun dokter Khadafi tetap menyarankan agar semua orang menggunakan masker saat harus terpaksa beraktivitas di luar rumah. Masker kain dapat digunakan orang sehat, sedangkan masker bedah yang saat ini stoknya terbatas, lebih diutamakan bagi pasien dan tenaga medis.

Dalam pembutan masker kain, dokter Khadafi menyampaikan beberapa tips seperti menggunahan bahan anti air pada lapisan paling luar, menggunakan bahan mikrofiber dilapisan kedua, atau dapat digantikan tisu. Serta menggunakan kain biasa di lapisan ketiga. Ia pun menyarankan agar masyarakat mencuci masker kain dengan air hangat atau deterjen. (Gazali)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Belajar Di Rumah Diperpanjang, Disdik Minta Orang Tua Pantau Anak

Sel Apr 7 , 2020
Tanjung – Dinas Pendidikan Tabalong, resmi memperpanjang masa belajar di rumah. Kegiatan belajar di rumah yang dijadwalkan berakhir 6 april, diperpanjang hingga 20 april 2020, baik bagi Lembaga Paud, SD, maupun SMP formal dan non formal. Kebijakan ini berdasarkan lanjuti Peraturan Pemerintah No 21 Tahun 2020 tentang pembatasan sosial berskala […]