Masih PPKM, Disdukcapil Tabalong Optimalkan Layanan Online

TABALONG – Akibat kenaikan kasus covid-19, sejak 28 Juli lalu Pemerintah Kabupaten Tabalong menerapkan PPKM level tiga. Hal ini berdampak pada pelayanan publik termasuk pelayanan di Disdukcapil Tabalong.

Sejak penerapan Ppkm level tiga, Disdukcapil Tabalong mengerahkan sepenuhnya pelayanan dengan sistem online. Sedangkan pelayanan langsung hanya diberikan untuk perekaman e-KTP. Namun meski demikian, dari hasil rangkuman Disdukcapil Tabalong, jumlah kepengurusan dokumen kependudukan di tempat ini tidak mengalami penurunan.

Kepala Disdukcapil Tabalong Suryanadie menjelaskan, pengurusan dokumen kependudukan online didominasi generasi milenial dan generasi z. Sedangkan generasi tua biasanya didampingi anak atau cucu dalam mengakses pelayanan online ini. Suryanadie pun berencana tetap memamsimalkan pelayanan online meski PPKM berakhir.

“jadi dalam kondisi seperti ini kami lihat masyarakat cenderung lebih senang online, makanya jarang datang, harapannya kami seperti itu kedepannya lebih banyak yang memanfaatkan online dibanding dengan tatap muka langsung, karena kmi yakin bahwa masyarakat tabalong sudah semakin cerdas dan  persyaratan untuk kependudukan pun semakin mudah sudah syaratnya mudah tidak berbelit belit, fasilitas disiapkan, jadi diharapkan masyarakat tabalong lebih memanfaatkan pelayanan online” Kata Suryanadie – Kepada Disdukcapil Tabalong.

Menurutnya, sistem pelayanan online ini jauh lebih baik jika diberlakukan untuk masyarakat. Karena masyarakat tidak perlu menunggu berjam-jam di Kantor Disdukcapil. Melalui sistem online, masyarakat juga bisa mengetahui waktu dokumen siap dicetak dan diambil melalui link yang akan diberikan oleh operator Disdukcapil. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Penjualan Bendera Merah Putih Sepi di Tabalong, Pedagang: Semoga Covid-19 Berakhir

Sen Agu 9 , 2021
TABALONG – Jelang perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, para penjual musiman  bendera merah putih ramai di Kota Tanjung sejak pertengahan Juli lalu. Beragam jenis seperti bendera merah putih, umbul-umbul, dan souvenir kemerdekaan lainnya menghiasi sisi jalan kota Tanjung.  Salah seorang pedagang bendera, Niah yang selalu berjualan jelang 17 Agustus […]