Mampu Tekan Angka Kecelakaan pelajar, Inovasi Langsat Manis Dinilai Kemenpan RB

TABALONG – Bupati Tabalong bersama Dinas Perhubungan setempat, mempresentasikan program Langsat Manis atau layanan angkutan masyarakat Tabalong nyaman dan gratis, pada 14 Juli 2021 secara virtual. Program inovasi langsat manis dipresentasikan pada sejumlah tim panel independen, karena langsat Manis menjadi salah satu daru dua inovasi Tabalong yang masuk dalam top 99 inovasi pemerintah yang dilombakan Kemenpan RB.

Dalam presentasinya, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani memaparkan inisiasi pencetusan program ini yang dimulai sejak tahun 2016, dengan tujuan merubah perilaku masyarakat tabalong, untuk terbiasa menggunakan angkutan umum, terutama di kalangan pelajar. Dalam paparannya Bupati Anang juga menjelaskan dampak keberadaan angkutan gratis yang menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di kalangan pelajar, hingga meningkatkan indeks pembangunan manusia dari indikator harapan lama sekolah, hingga rata-rata lama sekolah.

“ alhamdulillah jumlah kecelakaan menurun…kemudian ang diluar dugaan kami kaena sebagian asyarakat menggunakan angkutan gratis ini berdampak positif pada peningkatan IPM Tabalong… meningkatkan daya beli masyarakat karena pengeluaran masyarakat untuk angkutan.” Kata Bupati Tabalong , Anang Syakhfiani.

Program ini mendapat beragam tanggapan positif dari tim panel independen. Salah satunya Nurjaman Mochtar yang menilai Pemkab Tabalong berhasil mengkolaborasikan potensi daerah dari CSR perusahaan untuk memecahkan permasalahan yang ada. Ia pun memberikan masukan agar pengelolaan dana CSR masuk dalam R-APBD sehingga penghitungan anggarannya menjadi lebih jelas. Masukan ini pun menjadi sorotan Bupati Anang dalam meningkatkan pelayanan Langsat Manis Tabalong.

Tim panel lainnya, Tulus Abadi dan Eko Prasojo juga mengapresiasi inovasi yang dikembangkan Pemkab Tabalong ini. Tim panel ini juga menyarankan agar program ini dapat berkelanjutan, sehingga pergantian kepemimpInan, program ini dapat terus berjalan. (Tim Liputan TV Tabalong).

Next Post

Bupati Anang Paparkan Inovasi Gema Bersinar Malaria Di hadapan Tim Panel Independen

Sen Jul 19 , 2021
TABALONG – Bupati Tabalong Anang Syakhfiani bersama Dinas Kesehatan Tabalong mempresentasikan program gema bersinar malaria, atau gerakan masuk hutan berantas dan atasi malaria, pada 14 Juli 2021 secara virtual. Presentasi dilakukan pada tim panel independen, karena program gema bersinar malaria masuk dalam top 99 pada kompetisi inovasi pelayanan publik yang […]