Maksimalkan Layanan PUSPAGA, DP3AP2KB Gandeng Kemenag Sasar Calon Pengantin

TVTABALONG – Layanan Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) di Kabupaten Tabalong, telah beroperasi sejak Oktober 2019 lalu. namun Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB (DP3AP2KB) mencatat, layanan ini masih minim dimanfaatkan masyarakat. sejak beroperasi, Puspaga baru melayani empat ibu rumah tangga dan anaknya, yang berkonsultasi seputar perkembangan anak.

padahal layanan Puspaga meliputi berbagai layanan konsultasi bebagai permasalahan dalam keluarga, bersama psikolog. baik di bidang kesehatan keluarga, pola asuh dan tumbuh kembang anak, serta bebagai layanan konsultasi keluarga lainnya.

untuk memaksimalkan layanan Puspaga di masyarakat, DP3AP2KB, akan menyasar para calon pengantin. Pelaksana Tugas Kepala DP3AP2KB, Sarjono mengaku pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Kementerian Agama Tabalong, untuk memaksimalkan peran Puspaga, khususnya bagi calon pengantin.

Melalui kerjasama tersebut, calon pengantin tidak hanya mendapat nasihat keagamaan, tetapi juga tentang kesehatan reproduksi, yang akan diberikan melalui layanan Puspaga. Sarjono menjelaskan, calon pengantin akan mendapat konsultasi terkait mengatur reproduksi keluarga, agar terencana.

“ini berpotensi bagaimana kita mengelola mereka agar punya wawasan, pengertian untuk memprogram mempunyai anak sesuai dengan periodenya. Mungkin kalau yg masih muda, untuk menunda, kalau yg sudah tua sudah di atas 25, kita akan mempercepat” jelasnya

layanan Puspaga sebelumnya beroperasi di hari kerja, dari senin hingga jumat. Namun untuk memaksimal layanan Puspaga, DP3AP2KB, berencana memperpanjang layanan Puspaga hingga akhir pekan.(Sari)

Tinggalkan Balasan

Next Post

6 UPPB Dapat Bantuan Gudang Karet Tahun Ini

Kam Jan 9 , 2020
TVTABALONG – Untuk memperbaiki pendapatan para petani karet, sejak tahun 2015 Dinas Pertanian Tabalong membangun Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB). Melalui UPPB, pemerintah daerah sekaligus berniat mengedukasi para petani untuk meningkatkan mutu karet, sehingga memiliki nilai tawar yang tinggi. Untuk meningkatkan operasional UPPB, hingga tahun 2016 sebanyak 9 UPPB […]