Longsor Di Belimbing Raya, 3 Buah Rumah Terancam

Tabalong – Dalam seminggu terakhir, longsor berulang kali terjadi di pemukiman warga yang berada di sisi sungai Tabalong, tepatnya di RT 3 Kelurahan Belimbing Raya Kecamatan Murung Pudak. Saat ini sudah ada 4 buah rumah warga yang rusak berat akibat longsor.

Longsor masih berpotensi terjadi jika hujan deras kembali turun. Terlebih saat ini 3 rumah di sekitar lokasi longsor berstatus siaga, karena tiang penyangga dapur menggantung, dan tak menyentuh tanah. Hal tersbeut dijelaskan pelaskana kepala BPBD Tabalong, Zainuddin.

 “Kalau meliht ada sekitar 3 buah lagi yang rawan, sebab yang rumah beton, cakar ayamnya sudah menggantung, yang rumah lainnya juga dengan kondis tiang beton Sebagian sudah ada yang menggantung, ada 3 buah rumah yang apabila hujan besar kemungkinan tanah akan labil, kemungkinan ada yang terdampak” Kata Zainuddin, Kalak BPBD Tabalong.

Zainuddin juga telah memerintahkan kepada UPBS yang ada di kelurahan belimbing raya untuk mengawasi lokasi yang rawan. Sehingga dapat langsung melapor ke pihak terkait jika sewaktu waktu terjadi longsor susulan. (Muhammad Ariadi ).

Next Post

Penanganan 2 Titik Longsor Diusulkan PUPR Tabalong Ke Balai Sungai

Sab Jan 29 , 2022
Tabalong – Dinas PUPR Tabalong telah mengupayakan perbaikan jalan di sisi sungai Tabalong tepatnya di samping Jembatan Cendrawasih Kelurahan Tanjung. Upaya perbaikan dilakukan dengan mengajukan proposal perbaikan ke balai sungai kalimantan tiga, berupa penyiringan sisi sungai sepanjang 300 meter, sehingga menyatu bersama proyek penyiringan pasar tanjung. Kepala bidang sumber daya […]