Lomba Kebersihan Jadi Cara Warga Desa Hayup Meriahkan HUT RI

TABALONG – Menyambut Hari Kemerdekaan biasanya masyarakat yang ada di Desa Desa menggelar kegiatan perlombaan maupun hiburan. Namun semenjak adanya pandemi covid-19, kegiatan tersebut jarang sekali di temui bahkan sudah tidak dilaksanakan lagi.

Namun untuk mengisi kemeriahan Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Pemerintah Desa Hayup menggelar kegiatan lomba kebersihan dan keindahan lingkungan antar RT. Hal ini sebagai wujud nyata kesadaran berbangsa dan bernegara. Meski tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya, masyarakat tetap antusias mengikuti kegiatan ini. Terlihat saat tim penilai lomba dari pemerintah desa bekerjasama dengan pemerintah kecamatan haruai datang, masyarakat antusias, mulai dari menjelaskan makna gapura yang di buat, hingga menyuguhkan makanan dan minuman khas dari setiap RT.

Perwakilan tim penilai dari Kecamatan Haruai, Nana, mengaku bangga atas inovasi dari masyarakat hayup yang menggelar kegiatan ini, meskipun sederhana, tapi menurutnya kegiatan ini memiliki makna dalam memperingati hari kemerdekaan.

“Kami sangat berbangga hati terutama kesadaran dan inisiatif desa tentang perayaan HUT ke-76 republik Indonesia ini dalam masa PANDEMI covid-19 ini, sehingga tidak banyak mengumpulkan masyarakat, menimbulkan kerumunan dan sebagainya, sehingga DILAKSNAKAN sesederhana ini namun mempunyai makna yang sangat tinggi” Kata Nana, Perwakilan Pemerintah Kecamatan Haruai.

Kepala Desa Hayup, Asrani, mengaku memiliki alasan tersendiri untuk menggelar kegiatan ini. Yaitu sebagai wujud melestarikan budaya gotong royong dan saling tolong menolong yang sudah mengakar di masyarakat.

“Untuk itu maka kita menggerakkan seluruh masyarakat khususnya lewat RT RT untuk mengadakan lomba kebersihan tentang RT masing masing, maka peran serta masyarakat dengan adanya gotong royong yang merupakan salah satu kebudayaan kita itu tetap lestari, dan itu terbukti dengan adanya kegiatan ini disetiap RT itu masyarakat saling tolong menolong dan saling bantu, pemerintah desa tidak menganggarkan satu sen pun untuk kegiatan ini, cuma kita mendorong masyarakat itu untuk ikut serta dalam meemriahkan hut RI ke 76 ini, pemerintah desa hanya menganggarkan untuk lomba nya itu yaitu diberi hadiah, juara 1 2 3 harapan 1 2 3, untuk masa masa akan datang pemerintah desa hayup bisa menganggarkannya lebih baik lagi” Kata Asrani, Kepala Desa Hayup.

Dalam lomba kali ini, yang menjadi kriteria penilaian pertama tentang kesadaran berbangsa dan bernegara dengan mengibarkan bendera di setiap halaman rumah, kebersihan dan keindahan antar RT, serta penerapan protokol kesehatan di masing masing RT. Lomba ini sendiri diikuti sebanyak 7 RT yang ada di Desa Hayup dan di Desa Ribang. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Ini Cara Warga Desa Hayup Kenang Perjuangan Pahlawan...

Sen Agu 23 , 2021
TABALONG – Sebagai wujud memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik ke-76, masyarakat Desa Hayup Kecamatan Haruai, secara swadaya menghias desanya. Mulai dari memasang umbul umbul di sepanjang jalan, membangun gapura dengan kreasi menarik, hingga membuat makanan dan minuman khas dari setiap RT. Kebahagiaan terpancar dari wajah warga hayup saat tim penilai […]