Lindungi Habitat Orang Utan, KPH Tabalong Bakal Bentuk Kawasan Ekosistem Essensial

Tabalong – Kesatuan Pengelolaan Hutan Kabupaten Tabalong berencana menjadikan lokasi habitat orang utan, di Kecamatan Banua Lawas, sebagai  kawasan ekosisten esensial. Dengan begitu kee dapat dikelola berdasarkan prinsipprinsip kawasan hutan konservasi.

Kepala KPH Tabalong, Heriyadi menjelaskan, upaya menjadikan habitat orang utan yang ditemukan di banua lawas, sebagai kawasan ekosistem esensial masih menunggu instruksi dari Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan. Karena saat ini wilayah tersebut berada di luar kawasan hutan konservasi yang ditetapkan kementerian.

“Kedepan mungkin kita akan berusaha menjadikan itu kawasan ekosistem essensial, dan dulunya adalah kawasan hutan produksi konversi dan sekarang menjadi sebagian wilayah konsensi PT Cakung Permata Nusa namun kita akan koordinasikan dengan PT Cakung bagaimana sebagian area itu jadi kawasan ekosistem esensial”  kata Heriyadi

Heriyadi menambahkan pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Tabalong melaui Dinas Perikanan, karena wilayah tersebut direncanakan sebagai wilayah reservat perikanan. Selain itu koordinasi juga akan dilakukan dengan PT Cakung Permata Nusa, yang memiliki konsensi di wilayah tersebut. (Alfi)

Next Post

Koperasi Al-Yakin, Tempat UMKM Lokal Pasarkan Produk

Sel Jul 7 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Pengurus Koperasi Al Yakin merayakan lima tahun berdirinya koperasi, di Pusat Oleh Oleh Khas Tabalong, Pokta, pada 1 juli 2020. Pokta merupakan unit usaha dari Koperasi Al Yakin, yang menjual berbagai macam olahan makanan dan […]
error: