Lewati Pos Perbatasan Kalsel di Tabalong, Ratusan Kendaraan Diputar Balik

TVTABALONG – Sejak pertama beroperasi pada 6 Mei lalu, hingga 16 Mei 2021, petugas di posko penyekatan perbatasan Kalsel Kalteng kecamatan kelua ini, memutar balik 174 kendaraan. Terdiri dari 98 unit kendaraan roda empat dan 76 unit kendaraan roda dua.

Dari data petugas di lapangan, sebanyak 96 orang di rapid antigen, untuk memenuhi persyaratan memasuki wilayah dengan alasan penugasan, emergency dan sebagainya selain mudik. Dari tes tersebut, dua orang di antaranya reaktif antigen. Sekretaris camat kelua, wirahadikusuma mengatakan, dua orang reaktif tersebut berasal dari kabupaten barito timur kalimantan tengah

 “Ada yang mau ke pasar kelua, karena kita ada kecurigaan, jadi kita cek ternyata benar positif, dari petugas data positif tersebut kita laporkan ke puskesmas alamat tempat tinggal dia, disana yang tindak lanjutnya.” Kata N Wirahadikusuma – Sekretaris Camat Kelua.

Di posko penyekatan wilayah Kalsel Kaltim yang terletak di kecamatan Jaro, selama 10 hari beroperasi, petugas posko penyekatan juga telah meminta ratusan kendaraan untuk putar balik. Terdiri dari  271 unit roda empat, tiga mini bus dan 190 unit roda dua.

Petugas juga melakukan tes rapid antigen pada 77 orang di posko penyekatan ini. Namun tak ada sampel yang menunjukkan hasil reaktif. Camat Jaro, suwandi menyampaikan, sejak beberapa hari dilakukan penyekatan, peningkatan arus lalu lintas di perbatasan jaro terjadi ketika malam hari, tepatnya pukul sembilan sampai pada pukul 12 malam. Sehingga para petugas posko memperketat penjagaan pada waktu tersebut.

 “Ya itu terjadi tatkala malam hari, kalau pagi siang itu landai landai saja, tapi kala sudah malam hari, nah ini yang sangat.. peningkatan arus mudiknya sangat tinggi, sangat padat nah ini untuk wilayah di posko perbatasan ini, kisaran jam 9 malam sampai jam 12 itu.” Kata Suwandi – Camat Jaro.

Meski ada penyekatan penjagaan di jam tertentu, namun suwandi memastikan petugas tetap bersiaga 24 jam secara bergantian di posko ini. Penjagaan dibagi dalam tiga shift per hari yang dibantu oleh relawan di wilayah setempat. (Rangga).

Next Post

Wisata Sapana Banua Lawas Ditutup, Tim Gabungan Minta Ratusan Pengunjung Putar Balik

Kam Mei 20 , 2021
TVTABALONG – Tim gabungan dari jajaran satpol PP Tabalong, TNI, Polri, Kesbangpol, Disporapar, Subdenpom, dan Satgas Kecamatan, memantau sejumlah tempat wisata pada minggu 16Mei 2021. Pemantauan dilakukan di wilayah selatan Tabalong, khususnya Kecamatan Banua Lawas. Pemantauan dilakukan lantaran banyak pengunjung datang ke lokasi wisata yang ada di kecamatan ini, saat […]