Layanan Tatap Muka Dikurangi, Begini Cara Mudah Akses Layanan Capil Online

Tabalong – Sejak keluarnya Surat Edaran Bupati Tabalong, tentang penyesuaian sistem kerja Aparatur Sipil Negara, dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19, di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabalong, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil mengoptimalkan sistem layanan online.

Prosedur pelayanan online di desain dengan sederhana, agar dapat diakses masyarakat dengan mudah. Pelaksana tugas kepala seksi sistem informasi administrasi kependudukan, syaifullah hasbi menjelaskan, pelayanan online bisa diakses melalui website resmi disdukcapil tabalong, dengan cara mengirimkan nama, nik, dan nomor kk melalui sms, atau whatsapp. Kemudian diberikan username, dan password untuk login. Lalu memilih pelayanan apa yang diinginkan, dan login menggunakan username serta password yang diberikan.

Pelayanan juga diberikan melalui pesan whatsapp langsung, caranya dengan mengirimkan foto kelengkapan berkas yang diperlukan, sesuai jenis pelayanan apa yang diinginkan. Syarat kelengkapan berkas dapat dilihat di website resmi disdukcapil tabalong, atau bisa ditanyakan langsung melalui whatsapp.

Setelah semua persyaratan diverifikasi dengan benar, baik yang melalui website maupun whatsapp, warga akan mendapatkan kode dan jadwal pengambilan berkas. Berkas dapat diambil dalam box yang sudah diletakkan, di Halaman Kantor Induk Baru Disdukcapil, di Sulingan.

“Dengan adanya hal ini, warga bisa mengetahui secara jelas mekanismenya. Dan harapan kami, perubahan mekanisme dari normal seperti biasa dengan kita ganti melalui online tidak ada hal-hal yang menyulitkan bagi warga, tapi sesungguhnya ini tentu seharusnya akan lebih memudahkan warga. Kenapa demikian, karena kita berharap warga datang ke disdukcapil itu hanya sekali, yaitu mengambil dokumen yang dimohonkan dan menaruh berkas permohonan yang dimohonkan.”jelas Hasbi.

Syaifullah hasbi mengungkapkan, diberikannya pelayanan online ini, sebagai upaya untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat tabalong, di tengah pandemi covid-19. (Alfi)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Kabar Baik Bagi Yang Belum! Sensus Penduduk Online Diperpanjang

Kam Apr 2 , 2020
Tabalong – Pemerintah sedang berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19, dengan meminta masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah. Badan Pusat Statistik turut berpartisipasi membatasi interaksi langsung masyarakat, dengan memperpanjang sensus penduduk online 2020. Sensus penduduk online yang awalnya dijadwalkan berakhir pada 31 Maret 2020, kini diperpanjang hingga 29 […]