Lahan Sawit Di Tabalong Potensial Jadi Pengembangan Integrasi Sapi-Sawit

TABALONG – Sebagai salah satu upaya untuk menurunkan tingkat inflasi yang bersumber dari daging sapi, Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong bersama Perusahaan Sawit di Desa Hayup memberikan pembinaan program percepatan swasembada daging melalui integrasi sapi sawit berbasis kemitraan. Pembinaan yang digelar 5 Agustus 2021 ini menyasar masyarakat dan pihak terkait.

Melalui program ini, masyarakat yang memiliki ternak sapi diberikan ijin untuk melepas sapinya di kawasan lahan sawit milik perusahaan. Pelaksanan tugas Kepala Dinas Pertanian Tabalong, Syam’ani, menjelaskan besarnya potensi pengembangan sapi di Desa Hayup. Pasalnya dengan kebun sawit seluas 3 ribu hektar milik perusahaan, dapat menampung ternak sapi hingga 6 ribu ekor.

 “potensi untuk pengembangan ternak sapi dikawasan pt astra agro lestari ini sangat besar, untuk lahan sendiri ada sekitar 3000 hektar sementara pengembangan sapi nya perhektar ada 2 ekor, jadi potensi pengembangan sapinya ada 6000 ekor” Kata Syam’ani- Plt Distan Tabalong.

 “Saran saya untuk system pemeliharaan sapi yang di sini mungkin bisa lebih disistematis mungkin ya terus berkelompok dari satu blok ke blok lainnya, missal nya satu hari satu blok jadi setelah 60 hari bisa kembali ke blok awal jadi secara teratur bisa dibagi per blok jadi tidak terjadi kepadatan di tanahnya perkebunan sawit” Kata Gandang Santoso Putra- Perwakilan Kadis Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Selatan.

Gandang juga menuturkan, bahwa pihak provinsi akan siap membantu khususnya dalam hal sarana dan prasarana. Seperti penyediaan pagar listrik dan pembuatan kandang. Program ini diapresiasi positif peternak sapi di Desa Hayup. Dengan program sapi sawit, peternak berharap Tabalong dapat menjadi sumber penghasil sapi di Kalimantan.

 “ini semacam menyemangati kamilah agar petani bisa lebih makmur agar kami harapan petani desa hayup ini bisa mengadakan pengadaan khususnya daging tabalong itu menjadi cita cita kami kemudian kalau bisa lagi kita ingin mencukupi untuk mensuplai ketika ibu negara pindah ke penajam mudah-mudahan tabalong bisa untuk menjadi salah satu supplier daging ” Kata ABD. Rahman- Peternak Sapi Desa Hayup.

Ia juga berharap kepada Dinas Pertanian Tabalong, agar selalu memonitor dan membimbing para peternak. Terutama untuk meminimalisir hal negatif yang mungkin terjadi. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Tinjau Jalan Bumi Makmur, Komisi III DPRD & PUPR Sepakat Peningkatan Jalan Dilanjutkan

Sen Agu 9 , 2021
TABALONG – Ruas jalan utama di Desa Bumi Makmur, Kecamatan Bintang Ara, mempunyai panjang jalan hingga enam kilometer. Sepanjang 900 meter sudah dilakukan peningkatan dengan diaspal pada tahun 2019 lalu, dan sepanjang  5,1 kilometer kembali diusulkan oleh pemerintah desa setempat untuk ditingkatkan. Kepala Desa Bumi Makmur, Exy Setyawati menceritakan, selain […]