Kunjungi Peternak Itik, Komisi II DPRD Tabalong Perjuangkan Asuransi Ternak

Tabalong – Komisi Dua DPRD Tabalong mengunjungi kelompok peternak itin di desa hariang kecamatan banua lawas apda 8 April 2020. Kunjungan dilakukan untuk melihat kondisi peternakan itik ditempat ini. Sebelumnya, komisi Dua mendapatkan aduan dari para peternak di desa ini yang rugi besar, akibat sekitar 2000 ekor itik dan 4 kandang hanyut terbawa arus banjir beberapa waktu lalu.

Kepala Seksi Bidang Peternakan Dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tabalong, Dokter Hewan Suwandi mengakui saat ini belum ada asuransi untuk usaha peternakan itik. Selama ini asuransi yang disediakan Jasindo hanya bagi peternak sapi, dan pembudidaya ikan. Sehingga bencana alam maupun kondisi cuaca berdampak besar bagi peternak itik.

“Harapan kami bahwa asuransi dalam hal ini dilakukan oleh Jasindo bias mencakup usaha masyarakat dalam beternak itik, kambing. Yang selama ini sudah jalan usaha asuransi beternak sapi.” Ujar Suwandi.

Wakil Ketua Komisi Dua DPRD Tabalong, Abdul Muthalib, mengaku pihaknya akan mengupayakan ketersediaan asuransi bagi peternak itik, dan kambing. Ia mengatakan akan mengkonsultasikan hal tersebut pada pihak Jasindo, sehingga segala macam kerugian besar yang dialami petani, dapat terlindungi.

“Itu akan kita usahakan, kita bicarakan dengan pihak asuransi apakah bias untuk peternak itik ini, masukan dalam asuransi, seperti tanaman padi, sapi sudah ada asuransi. Kita upayakan supaya masuk asuransi” ujar Muthalib.

Sebelumnya kelompok ternak itik ini mendapatkan bantuan anak itik dari Perumda. Anak itik kemudian menjadi modal para kelompok ternak ini untuk berusaha. (Maimun)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Pertama, Mesin ATM Beras Untuk Dhuafa Di Tabalong

Kam Apr 9 , 2020
Tabalong – Jamaah bersama donatur di Masjid Al Mukhlisin Mabuun memiliki cara unik utnuk menyalurkan bantuan bagi mereka yang membutuhkan, terutama ditengah pandemi covid-19 seperti saat ini. Jamaah dan donatur masjid menyalurkan bantuan beras bagi warga tidak mampu, melalui mesin pintar layaknya mesin ATM. Mesin ini mampu mengeluarkan beras bagi […]