Kunjungi Lahan Demplot, Wabup Mawardi Minta Pegawai Distan “Unjuk Gigi”

TABALONG – Wakil Bupati Tabalong melakukan tanam perdana dan melepas benih ikan di demonstrasi plot, demplot, milik dinas pertanian pada 30 agustus 2021. Demplot seluas 200 meter persegi ini merupakan diversifikasi lahan untuk tanaman hortikulturan dan pembesaran ikan.

Pasalnya diketahui ada simbiosis mutualisme antara budidaya ikan dan horti. Salah satu contohnya adalah dengan mengembangkan tanaman horti diantara kolam air ikan, maka akan menjaga tingkat kesuburan tanah.

Dari demplot ini, dilepas benih ikan sebanyak 1000 ekor nila dan 150 ekor gurame. Untuk budidaya hortikulutra, ditanami bibit cabai besar, bawang merah pelaihari dan brebes, dan sebagian lahan akan ditanaman dengan melon.

Dalam kesmepatan ini, mawardi meminta pegawai dinaas pertanian untuk bisa menjadi contoh di tengah masyarakat, terutama di sekitarnya, dengan menunjukkkan identitas diri sebagai orang pertanian melallui pembudidayaan tanaman di lingkungan rumah.

 “nah kita berharap tidak hanya kantor ya dinas pertanian yang punya contoh ini, dirumah rumah bapak ibu sekalian kerluarga besar dinas pertanian seyogyanya juga menjadi contoh kepada masyarakat kiat dipekarangan-pekarangan juga harus apa, paling nggak sebuting Lombok harus ada, sekurang-kurangnya gitu, jangan sampai orang pertanian tidak ada yang ditanam dimuka rumah dilingkungannya” Kata Mawardi – Wakil Bupati Tabalong.

Mawardi mengapresiasi pengadaan demplot di area Dinas Pertanian ini. Ia menilai demplot harus dimiliki Distan sebagai dalah satu bentuk contoh pada masyarakat dan petani. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Lepas 6 ASN Purna Tugas, Wabup Mawardi: Ini Peluang!

Sen Sep 6 , 2021
TABALONG – Wakil Bupati Tabalong, Mawardi meminta pensiunan Dinas Pertanian untuk menerapkan ilmu tentang pertanian di kehidupan bermasyarakat. Hal tersebut disampaikan mawardi saat melepas 6 ASN Dinas Pertanian Tabalong yang telah purna tugas, pada 30 Agustus 2021. Pasalnya pasca pensiun, Mawardi menilai, ASN memiliki banyak waktu luang untuk berkegiatan termasuk […]