Kunjungi Kemendagri, Pemkab & DPRD Tabalong Perjuangkan Program Pemulihan Ekonomi Daerah

TVTABALONG – Rombongan Pemerintah Kabupaten Tabalong melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, pada 24 Maret 2021. Kunjungan dipimpin Bupati Tabalong bersama jajarannya, serta Ketua DPRD Tabalong bersama Komisi II.

Kunjungan dilakukan untuk mengetahui secara detail mekanisme bantuan Pemerintah Pusat untuk pemulihan ekonomi nasional di daerah berdasarkan peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2020. Pasalnya sejak tahun 2020 hingga 2021 ini pemerintah daerah mengalami refocusing anggaran, yang berdampak pada terhambatnya pogram dan kegiatan pembangunan di daerah.

Dalam kesempatan ini Bupati Anang menyampaikan kesuksesan Tabalong di tahun 2020 menekan penyebaran virus corona, salah satunya karena dukungan dana dari hasil refocusing anggaran. Sedangkan di 2021, pemkab berencana fokus melakukan pembangunan yang sempat tertunda karena keterbatasan anggaran, dengan prioritas utama untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

“Jadi yg pertama kita nanti bersama-sama DPRD akan mempelototi ya kegiatan-kegiatan pembangunan apa di tahun anggaran 2020 yang kena realokasi kena refocusing,  kalau kita dengan DPRD nanti sepakat bahwa kegiatan itu harus kita hidupkan kembali atau harus kita laksanakan kembali maka prioritas pertama dana ini akan kita arahkan kesana. Yang kedua tentu kegiatan-kegiatan ekonomi masyarakat termasuk bantuan sosial tapi sangat selektif, nah kegiatan ekonomi ini misalkan petani, industri rumah tangga dsb.” Tutur Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani.

Selain melakukan penjajakan ke Kemendagri, Bupati Tabalong beserta rombongan juga mendatangi PT Sarana Mitra Infrastruktur (SMI) selaku perusahaan penyedia sumber dana alternatif yang ditunjuk pemerintah pusat dalam program pemulihan ekonomi nasional. (Prokopim Setda Tabalong).

Next Post

Bupati Tabalong Ingin PPDI konsen Tingkatkan Kualitas SDM Perangkat Desa

Jum Apr 2 , 2021
TVTABALONG – Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani mengukuhkan, persatuan perangkat desa indonesia, PPDI Kabupaten Tabalong priode 2021-2026,  pada 31 Maret 2021, sebelumnya pengurus PPDI ini dilantik Sekretaris Jendral PPDI Pusat, Sarjoko. Pelantikan dan pengukuhan kali ini merupakan yang pertama untuk PPDI Kabupaten Tabalong, meski PPDI telah hadir sejak 2006 lalu di […]