Kuatkan Ketahanan Pangan, Pemkab Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan

Tabalong – Dinas Ketahanan Pangan Tabalong, mendorong masyarakat untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga. Salah satunya dnegan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lahan berkebun. Hal tersebut disampaikan Dinas Ketahanan Pangan bersama Tim Penggerak PKK pada masyarakat di Banua Lawas, 11 Maret 2020.

Dorogan untuk memanfaatkan lahan pekarangan ini merupakan kegiatan dari peningkatan mutu dan keamanan pangan. Melalui kegiatan ini, masyarakat diminta untuk menanam tanaman obat keluarga dan sayuran di pekarangan rumah.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mohamad Mugeni berharap warga dapat memaksimalkan pekarangan dengan tanaman bermanfaat. Serta memaksimalkan tanaman menjadi berbagai olahan pangan yang sehat dan bergizi.

“Tanaman sayur, mayur yang selama ini juga tidak dimanfaatkan dengan optimal, artinya apa. Ketika buah sayur atau tanaman hortikultura tomat atau Lombok itu cuma di petik, dan dikonsumsi. Kedepan kita bisa berharap bahwa daun Lombok, dan daun kanggung dimanfaatkan sebagai rempeye makanan, sehingga masyarakat akan banyak sumber bahan pangan khususnya vitamin serta protein dari tanaman bisa termanfaat dari sumber daya alam.” kata Mugeni.

Melalui kegiatan ini Dinas Ketahanan Pangan juga mengajak masyarakat untuk menggunakan pupuk organik, tanpa bahan kimia berlebihan. Rencananya Dinas Ketahanan Pangan, akan memberikan arahan kepada kelompok Desa Wisma yakni Kader PKK dari desa-desa, dengan memanfaatkan sumber limbah dari kolam ikan, seperti sisa pakan ikan maupun kotoran ikan, yang mengandung zat hitrogen, yangdapat dimanfaatkan dalam pengolahan pupuk organik. (Maimun).

Tinggalkan Balasan

Next Post

Pantau Keberadaan Jamban Apung, Tim Tuntas Kelua Susuri Sungai

Jum Mar 20 , 2020
Tabalong – Tim Tuntas Kecamatan Kelua, menyusuri Sungai Tabalong khususnya di wilayah Kelua pada 13 Maret 2020. Tim Tuntas kecamatan kelua ini terdiri dari Puskesmas dan lintas sektor Kecamatan Kelua, yang melakukan penyusuran mulai dari Sungai Tabalong di Desa Sungai Buluh, sampai Telaga Itar. Penyusuran sungai dilakukan untuk memastikan warga […]