Kopkar Tirta PDAM Tabalong Sampaikan LPJ

Tabalong – Koperasi Karyawan, atau Kopkar, Tirta PDAM kabupaten Tabalong, menggelar rapat anggota tahunan, atau RAT, tahun buku 2019, di gedung informasi, pada 18 maret 2020,

Pada RAT kali ini disampaikan laporan pertanggungjawaban ketua koperasi, laporan pertanggungjawaban badan pengawas koperasi, rencana program kerja ke depan, serta pemilihan pengurus, dan badan pengawas Kopkar Tirta periode 2020 – 2023. Ketua koperasi periode sebelumnya, Rahmadi Yanur, kembali terpilih untuk periode tiga tahun ke depan.

“Untuk kinerja pengurus sebelumnya alhamdulillah berjalan cukup baik. Untuk kinerja pengurus sebelumnya itu kita ada mempunyai SHU, yaitu sebesar Rp 308.675.609,-. Ke depannya kita akan berusaha meningkatkan SHU ini untuk lebih meningkat lagi, dengan cara memperbanyak jenis-jenis usaha kita.” Sampai Yanur.

Kopkar Tirta PDAM Tabalong, bergerak di lima jenis usaha, yaitu simpan pinjam uang dengan nilai dan persyaratan tertentu, jasa pinjaman beli handphone senilai 5 juta rupiah, jasa pinjaman kredit motor senilai 15 juta rupiah, sewa sepeda motor dinas, dan sewa mobil dinas.

Kepala Dinas Koperasi, dan UKM Tabalong, Muhammad Faisal turut hadir dalam RAT ini. Dalam sambutannya, faisal mengingatkan ada tiga prinsip dasar koperasi, yakni kebersamaan, keterbukaan, dan kekeluargaan. Ia berharap Kopkar Tirta PDAM Tabalong terus menjalankan prisip tersebut.

“Kami mengharapkan ke depannya koperasi di Tabalong ini benar-benar koperasi yang menjalankan prinsip-prinsip koperasi. Kami ingin koperasi di Tabalong itu menjadi koperasi yang mandiri, artinya koperasi yang mandiri itu dia memperkuat modal sendiri, bukan mengandalkan modal dari luar atau fasilitas-fasilitas lain. Tetapi memupuk modal sendiri untuk memberikan kekuatan kepada koperasinya, dengan memberikan pelayanan-pelayanan terbaik kepada anggota.” Jelas Faisal.

Faisal menyampaikan, koperasi tidak hanya mencari keuntungan, tetapi yang lebih utama adalah memberikan kesejahteraan kepada anggota, melalui pelayanan yang dibutuhkan anggota. Faisal juga terus mendorong kaum muda untuk mau berkoperasi. Pasalnya selama ini koperasi diberi kesan jadul, karena selalu dikelola oleh para orang tua.

Seusai acara, Kopkar Tirta PDAM memberikan doorprize kepada anggota koperasi, dengan hadiah utama TV LED 32 inch. Doorprize merupakan sebagian kecil hasil keuntungan selama satu tahun, dan salah satu trik pengurus untuk memotivasi anggota agar menghadiri rapat anggota tahunan. (Alfi)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Klarifikasi Dinkes, Tidak Ada Masyarakat Tabalong Positif Covid 19

Sab Mar 21 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Pada selasa 17 Maret 2020, masyarakat Tabalong kembali dihebohkan dengan isu salah satu karyawan swasta pengidap Covid-19, melakukan pemeriksaan di RSUD Haji Badaruddin Kasim. Namun isu tersebut dibantah Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, yang merupakan Jubir […]
error: Content is protected !!