Kontrol Lalu Lintas, Pemkab Tabalong Bakal Pasang ATCS

TVTABALONG – Tabalong menjadi Kabupaten pertama, selain Ibukota Provinsi, yang menerima bantuan pemasangan Area Traffic Control System (ATCS) dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Bantuan ATCS diberikan untuk delapan titik lokasi persimpangan, diterima melalui Balai pengelola transportasi jalan wilayah 15 Banjarmasin.

Delapan titik lokasi persimpangan yang akan dipasang ATCS ini, enam diantaranya merupakan titik lokasi rambu lalu lintas yang lama, yakni di persimpangan Tanjung Selatan, Polres Tabalong Pembataan, Belimbing, Sulingan, serta simpang empat dan simpang tiga Selongan. Sedangkan dua lainnya di titik lokasi baru, yakni di persimpangan Expo Center, dan bundaran monumen Tanjung Puri.

Rambu lalu lintas atau traffic light yang baru akan dipasang untuk ATCS ini, termasuk enam lokasi lama, pasalnya traffic light di titik lokasi lama telah berusia lebih dari 10 tahun. Selain traffic light baru, atcs juga akan dilengkapi cctv, sistem perhitungan jumlah pengendara yang lewat, dan speaker untuk menegur pelanggar lalu lintas.

 “Jadi traffic light yang lama itu diganti semua pak, diganti semua karena traffic light kita yang lama itu 6 lokasi itu memang usianya telah lebih dari 10 tahun. Dan semuanya akan diganti dengan tiang baru dan nanti sistemnya akan nambah seperti cctv ada disana, kemudian ada juga sebuah sistem yang bisa mengatur…menghitung dari counting atau perhitungan lalu lintas. Kawan-kawan bisa nanti melakukan peneguran terhadap pengendara yang melanggar di lokasi traffic light tadi.” Kata Kabid Lalu Lintas & Angkutan Dishub Tabalong, Ady Fazar.

Kepala Dinas Perhubungan Tabalong, Tumbur berharap, pemasangan ATCS ini dapat mengurangi kecelakaan, dan pelanggaran lalu lintas, serta dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat Tabalong untuk lebih taat mematuhi aturan berlalu lintas.

 “Harapan kami, kita bisa mengurangi terjadinya laka, pelanggaran dalam berlalu lintas khususnya yang berada di persimpangan-persimpangan yang ada pemasangan traffic lightnya. Nah harapan kami juga dengan adanya pemasangan atcs ini bisa menumbuh, menimbulkan kesadaran masyarakat khusunya warga tabalong untuk taat dalam mematuhi aturan berlalu lintas.” Kata Kepala Dishub Tabalong, Tumbur P. Manalu.

Dalam proses pemasangan ATCS ini, Dishub Tabalong berkoordinasi dengan Dinas PUPR, Disperkimtan, DLH, Polres, dan Instansi terkait lainnya. Alfi Syahrin.

Next Post

Tabalong Dapat Kuota Penerimaan Bintara Polri, Segini Rencananya…

Kam Apr 22 , 2021
Jajaran Polres Tabalong bersama Pemerintah Kabupaten Tabalong mengikuti video conference, terkait penandatangan Mou atau Nota kesepahaman Polda Kalsel dengan Pemprov Kalsel, terkait penerimaan proaktif Bintara Polri, pada 16 April 2021, di aula Nan Sarunai Setda Tabalong Tanjung. Penerimaan proaktif Bintara Polri Polda Kalsel 2021 ini, mengkhususkan putra putri daerah, sehingga […]