Kontrasepsi Jangka Panjang Vasektomi Makin Diminati Kaum Pria Tabalong

TVTABALONG – Minat kaum laki-laki di Kabupaten Tabalong, untuk mengikuti program KB metode kontrasepsi jangka panjang dengan cara vasektomi dinilai meningkat. Hal ini terbuktidari target 10 orang akseptor vasektomi di tahun 2021, hingga bulan Maret telah terdaftar 5 akseptor.

Metode operasi pria MOP vasektomi merupakan metode kontrasepsi permanen bagi pria dengan prosedur klinis, untuk menghentikan kemampuan reproduksi pria dengan jalan melakukan pengikatan atau pemotongan saluran sperma. sehingga sperma terhambat dan pembuahan tidak terjadi.

Kepala bidang keluarga berencana dan ketahanan kesejahteraan keluarga DP3AP2KB Tabalong, Rifansyah mengatakan, di tahun 2019 lalu sebanyak 50 akseptor dapat terlayani untuk melakukan vasektomi, di tahun 2020 10 akseptor dan di tahun ini kembali ditargetkan 10 akseptor. Rifansyah menambahkan, operasi vasektomi akan segera dilakukan dokter profesional yang didatangkan dari banjarmasin, saat 10 orang target akseptor terpenuhi.

 “Di tahun 2021 ini kita anggarkan 10 orang nah makanya sampai sekarang sudah banyak sebenarnya yang mendaftar, ini dilakukan oleh dokter yang ada di Banjarmasin jadi apabila 10 orang sudah terkumpul maka kita mendatangkan dokter operasi itu sekaligus mobil bus pelayanan yang dapat kita lakukan”. Ungkapnya.

Rifansyah menambahkan, seperti tahun sebelumnya peserta vasektomi akan mendapatkan dana kompensasi sebesar 1 juta rupiah, untuk mengganti hari produktif akseptor, yang diminta beristirahat usai tindakan. dan untuk mengikuti program MOP ini, peserta harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan. (Sherly Nova Arianti).

Next Post

Satgas Covid-19 Tabalong Evaluasi Penerapan Perbup 18 Tahun 2021

Jum Mar 26 , 2021
TVTABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong menggelar pertemuan dengan seluruh Camat dan SKPD terkait,  pada Rabu 24 Maret 2021,  di Aula Tanjung Puri Setda Tabalong.  Pertemuan ini dilakukan untuk mendiskusikan pedoman penerapan protokol kesehatan sesuai perbup nomor 18 tahun 2021, dan mengevaluasi penerapannya di masing-masing kecamatan. Pedoman penerapan protokol kesehatan yang […]