Komisi II DPRD Tabalong Pantau Pengembangan Ikan DI BBI Kambitin

Tabalong – Komisi Dua DPRD Tabalong melakukan kunjungan kerja ke balai benik ikan kambitin pada 24 Juni 2020. Dalam kunjungan kali ini, Komisi Dua memantau proses perkembangan budidaya benih ikan serta prospek pemasasan benih ikan yang dihasilkan di BBI Kambitin.

Dalam kunjungan kali ini, Kepala UPT BBI Kambitin menyampaikan kendala yang pihaknya alami dalam pembibitan ikan, terutama saat musim kemarau. Pasalnya suplai air di BBI Kambitin masih terbatas, terlebih saat musim kemarau pihaknya tidak bisa melakukan perkawinan indukan ikan, karena kekurangan suplai air.

Disisi lain, prospek pemasaran benih ikan di BBI Kambitin ini cukup tinggi. Para pembudidaya ikan harus mengantri untuk membeli anakan ikan di BBI Kambitin, karena proses perkawinan indukan hingga pemijahan memakan waktu. Sedangkan proses pmebenihan tersebut hanya bisa dilakukan maksimal saat musim penghujan.

“Pada saat musim kemarau ini mereka hanya mampu bertahan memelihara indukan tidak bisa proses pengawinan ikan karena kendala air tadi. Jadi yang utama hasil kesimpulan kesini tadi bahwa BBI ini adalah stabilitas harga yang kedua BBI memerlukan pengairan yang baik dan kuntitas air yang cukup. Kalau masalah pemasaran alhamdulillah antrian konsumen yang banyak.”  Ucap Sumiati

Kepala UPT BBI Kambitin, Elzan Fikri berharap, setelah mengevaluasi, Komisi Dua DPRD Tabalong dapat memberi dukungan dalam mengembangkan bbi kambitin. Sehingga bbi dapat menghasilkan benih ikan dan yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan pasar.

“Mengucapkan terimakasih kepada dewan terutama Komisi II, karena dengan adanya mereka datang otomatis mengetahui juga apa yang menjadi kendala kami, kami sudah sampaikan tadi masalah air terutama pada musim kemarau sehingga pemasaran kami didengarkan oleh mereka otomatis ada dukungan terutama bagaimana melihat bibit air. Intinya untuk mengavaluasi perkembangan BBI.” Kata Elzan Fikri

Dalam kesempatan ini, Komisi Dua DPRD Tabalong menyampaikan harapannya agar BBI dapat menyediakan benih ikan yang banyak digemari pembudidaya. Seperti benih ikan betok atau papuyu, benih gurame dan jenis ikan lainnya. (Maimun)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Ketua Komisi Ii DPRD Sumiati Nilai Peternakan Kambing Komunal Layak Dikembangkan

Jum Jun 26 , 2020
Tabalong – Komisi Dua DPRD, didampingi camat Upau dan Dinas Pertanian Tabalong, melakukan tinjauan ke peternakan kambing komunal milik Kelompok Tani Pantai Jaya Desa Bilas Kecamatan Upau, pada 23 juni 2020. Sistem komunal yang di terapkan Kelompok Tani Pantai Jaya ini, merupakan sistem komunal yang pertama kali di terapkan di […]