Komisi II DPRD Dorong Distan Perluas Cakupan Asuransi Usaha Tani Padi

TVTABALONG – Musibah banjir yang terjadi di Tabalong pekan lalu, menimbulkan banyak kerugian.Salah satunya pada lahan pertanian warga. Pasalnya 4.030 hektar pertanian warga di 12 kecamatan di Tabalong terendam banjir, dan berpotensi mengalami kerusakan.

Menyikapi hal tersebut, Komisi II DPRD Tabalong meminta Dinas Pertanian untuk mendorong para petani mengasuransikan tanaman mereka melalui program asuransi usaha tani padi, sehingga terhindar dari kerugian.

Terlebih saat ini pemerintah daerah telah menyediakan subsidi asuransi pertanian. Hal tersebut disampaikan anggota Komisi II, Mursalin, saat rapat bersama Dinas Pertanian Jumat (14/2/2020).

 “untuk saat ini para petani belum menyadari itu. Terlepas dari itu, kami dari Komisi II menginginkan Dinas Pertanian untuk sesegeranya melihat kondisi di lapangan. Jika layak kita bantu, maka kita akan bantu, baik bibit maupun alat-alat lainnya” kata Mursalin

Baca Juga :

saat ini pemerintah daerah telah menyediakan subsidi untuk asuransi usaha tani padi sekitar 80 persen, sehingga meringankan beban petani yang ingin mengasuransikan tanaman padinya. Pihak asuransi yang dikerjasamakan dengan Jasindo, akan memberikan ganti rugi sebesarRp  6 juta per hektar, atas lahan yang mengalami rusak akibat bencana alam atau serangan hama.(Normansyah)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Bupati Dorong Pengembangan STIT Sambut Pemindahan Ibu kota Negara

Sab Feb 15 , 2020
TVTABALONG – Bupati Tabalong, para pengurus dan dosen Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syeikh Muhammad Nafis, melakukan evaluasi pengelolaan dan rencana kerja sekolah tersebut. Evaluasi dilakukan di Wisma Tamu Bersinar pada Kamis (13/2/2020). Dalam kesempatan ini, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani menyampaikan optimismenya akan perkembangan STIT Syeikh Muhammad Nafis. Iya meyakini, pemerintah […]