Komisi 3 DPRD Tinjau Jembatan Rusak Di Bangkiling

Tabalong – Beginilah kondisi kerusakan jembatan gantung penghubung RT 3 dan RT 3 di desa bangkiling, kecamatan banua lawas, saat ditinjau Komisi 3 DPRD Tabalong pada senin tujuh maret 2022. Jembatan ini diusulkan pemerintah desa bangkiling untuk direhab total, dan usulan tersebut sudah diajukan sejak tahun 2018 lalu. Kepala desa bangkiling, itar menceritakan, kerusakan jembatan gantung disebabkan ranting-ranting dan dahan pohon yang hanyut tersangkut, saat air sungai meluap. Hal ini terus menerus terjadi setiap tahunnya, sehingga jembatan semakin rusak dan diperkirakan kerusakannya sudah mencapai 75 persen.

 “Tiap kali raba lalu itu, itu yang menghancurkan jembatan ini, nanti kalo misalnya usulan kami untuk rehab total tersebut dikabulkan jadi kami mengharapkan bisa ditinggikan pembuatan jembatannya. Jadi kalo bisa bangunannya yang rangka baja kaitu pak ai, jadi yang stainless lah artinya lantainya nih.” Itar, Kepala Desa Bangkiling.

Wakil ketua Komisi III DPRD Tabalong, Hanafi Gobet mengatakan, pihaknya akan kembali meninjau bersama bidang bina marga dinas pupr tabalong, sebagai tenaga teknis. Gobet pun mendukung rehab total jembatan ini, dan sudah dimasukkan dalam pokir DPRD, hasil dari reses yang ia lakukan.

 “Kalo jembatan secara perseorangan saya pribadi termasuk dalam reses sudah, termasuk dalam pokir sudah, mungkin dari desa adalah musrenbangdes jadi skala prioritas, atau mungkin dari kecamatan mengakomodir.” Kata Hanafi Gobet, Wakil Ketua Komisi III DPRD Tabalong.

Jembatan sepanjang kurang lebih 125 meter ini, dinilai penting oleh masyarakat setempat karena memiliki berbagai fungsi. Diantaranya untuk mengangkut hasil pertanian, sebagai akses penyeberangan anak-anak sekolah, dan kegiatan keagamaan seperti maulid makan batalam. (Alfi Syahrin).

Next Post

Komisi 1 DPRD Tabalong Dorong Dinkes Urus Izin RS Usman Dundrung

Kam Mar 10 , 2022
Tabalong – Komisi Satu DPRD Tabalong menggelar rapat kerja bersama Dinas Kesehatan dan bagian Organisasi Setda Tabalong pada 7 Maret 2022. Dalam rapat kali ini fokus membahas penningkatan fungsi dan operasional rumahs akit usman dundrung atau covid center. Komisi I menilai, dari tinjauan emreka, RS Usman Dundrung memiliki fasilitas dan […]