Komisi 1 DPRD Panggil Manajemen RSUD HBK Maburai, Ini Yang Dibahas…

TABALONG – Komisi I DPRD Tabalong menggelar rapat bersama Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah Haji Badaruddin Kasim Maburai Dan BPJS Kesehatan pada 4 Agustus 2021., rapat ini sebagai langkah DPRD untuk memastikan pelayanan kesehatan tetap berjalan normal meski di tengah pandemi covid-19.

Dalam rapat ini, komisi I DPRD Tabalong menyoroti sejumlah permasalahan antara RSUD dan BPJS Kesehatan. Seperti belum terbayarnya klaim detail pasien covid di rumah sakit terhadap BPJS Kesehatan, sehingga sempat mengalami penunggakan. Direktur RSUD Badaruddin Kasim, dokter Mastur Kurniawan, menjelaskan, hal ini terjadi lantaran regulasi dari Kemenkes sering berubah. Sehingga pihaknya harus menyesuaikan dengan regulasi terbaru.

“Alhamdulillah ini kita masih berproses, moga moga ini terbayarkan semua, karena memang dari kementerian KMK itu kan sering berubah regulasi, sehingga kita bisa menyesuaikan, setelah kita menyesuaikan ada perubahan lagi, berubah lagi, ini mungkin karena proses administrasi, moga moga akan segera dibayarkan” Kata Mastur Kurniawan, Dirut RSUD Badaruddin Kasim Maburai .

Selain itu, salah satu yang menjadi kendala sebelumnya adalah terlambatnya melampirkan hasil pcr pasien, karena harus menunggu antrian dari pihak provinsi. Namun saat ini, pemkab tabalong sendiri sudah memulai kerjasama dengan rs pertamina tanjung untuk melakukan tes pcr terhadap pasien, agar dalam administrasi tidak mengalami keterlambatan seperti sebelumnya. Wakil ketua komisi 1 dprd tabalong, ferry elpeni, meminta kepada manajemen rumah sakit agar berinovasi, sehingga operasional di rsud maburai tetap berjalan lancar, meski mengalami penundaan pembayaran.

“Jadi kami kan dengan adanya tunggakan tunggakan ataupun DISCUTE, dari BPJS kesehatan tadi, kita sudah memberikan saran, kepada pihak manajemen rumah sakit untuk berinovasi, bagaimana caranya agar operasional di rumah sakit Badaruddin Kasim tidak terganggu, dengan terpendingnya atau DISCUTE tagihan ke BPJS kesehatan” Kata Ferry Elpeni, Wakil Ketua Komisi I DPRD Tabalong.

Anggota dewan juga mengharapkan agar permasalahan ini tidak terulang kembali, pihaknya mengimbau manajemen RSUD agar terus berkonsultasi jika kembali terjadi permasalahan, agar pelayanan dari tenaga kesehatan tetap berjalan normal. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Melihat Canggihnya Ruang Kontrol ATCS, Petugas Bisa Langsung Tegur Pelanggar Lalu Lintas

Sen Agu 9 , 2021
TABALONG – Inilah Command Center Room ATCS yang berada di Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong, Mabuun, Kecamatan Murung Pudak. Melalui CC Room ini, para petugas dari Dishub Tabalong dapat memantau langsung pergerakan lalu lintas di delapan titik persimpangan jalan nasional, melalui kamera CCTV. Kedelapan titik tersebut dimulai dari persimpangan depan Expo […]