Ketua Komisi Ii DPRD Sumiati Nilai Peternakan Kambing Komunal Layak Dikembangkan

Tabalong – Komisi Dua DPRD, didampingi camat Upau dan Dinas Pertanian Tabalong, melakukan tinjauan ke peternakan kambing komunal milik Kelompok Tani Pantai Jaya Desa Bilas Kecamatan Upau, pada 23 juni 2020. Sistem komunal yang di terapkan Kelompok Tani Pantai Jaya ini, merupakan sistem komunal yang pertama kali di terapkan di kalimantan selatan.

Ketua Komisi Dua DPRD, Sumiati mengatakan, peternakan kambing milik Kelompok Tani Pantai Jaya sangat produktif untuk dikembangkan.  Peternakan ini menjadi inovasi sistem peternakan dan pertanian yang saling berkaitan. Namun sistem peternakan ini masih terkendala dengan ukuran kandang, yang berdampak pada pertumbuhan kambing. Kendala tersebut menjadi prioritas untuk di usulkan ke pihak Dinas Pertanian.

“Ternyata ini adalah satu satunya peternakan di kabupaten tabalong bahkan di kalsel nah peternakan kambing ini cukup dibilang sukses namun ada beberapa hal yang menjadi kendala karena perkembangan percepatan ternak kambing ini lumayan, hingga terbatasnya ialah pada kandang kambing, maka dari hasil pertemuan dengan kelompok tani tadi mereka menginginkan agar kedepannya kandang kambing ini menjadi prioritas diusulkan ke Dinas Pertanian.” Kata Sumiati

Tak hanya terkendala pada ukuran kandang, akses jalan menuju peternakan ini,  juga menjadi beban bagi para petugas pengawas dan para petani sekaligus peternak di lokasi ini. Mengatasi hal ini, sumiati mengatakan akan berkoordinasi dengan kementerian dan dinas kehutanan provinsi, untuk pembangunan jalan. Pasalnya kawasan ini masuk dalam kawasan hutan lindung.

Selain itu, untuk kesempurnaan sistem komunal, peternakan ini juga masih memerlukan alat pengolahan pupuk, dan sistem penerangan dengan panel surya, sebagai penunjang kerja bagi kelompok tani di lokasi. (Rangga)

Next Post

Tahukah Pian Apa Itu Peternakan Kambing Komunal? Berikut Penjelasannya…

Jum Jun 26 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Kelompok Tani Pantai Jaya Desa Bilas Kecamatan Upau, memiliki peternakan kambing, dengan pemeliharaan sistem komunal. Peternakan kambing sistem komunla merupakan peternakan yang dilakukan secara bersama sama, dalam satu tempat atau satu kandang. Peternakan ini dipelihara […]
error: